8 Ciri-ciri Asam Lambung Naik dan Penyebabnya

(Arrahmah.com) – Asam lambung naik bisa dialami oleh siapa saja. Untuk itu, Anda sebaiknya mengetahui ciri-ciri asam lambung naik agar segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

Lantas, apa saja ciri-ciri asam lambung naik dan apakah penyebab asam lambung naik?

Penyebab Asam Lambung Naik

Asam lambung naik adalah kondisi yang membuat asam lambung yang sudah berada di perut kembali naik ke kerongkongan dan menyebabkan sejumlah gejala yang terasa tidak nyaman.

Dikutip dari Medical News Today dan Healthline, penyebab asam lambung naik yang umum di antaranya:
– Makan terlalu banyak
– Langsung berbaring setelah makan
– Setelah makan makanan tertentu seperti makanan pedas maupun berlemak
– Makan terlalu dekat dengan waktu tidur
– Minum teh, kopi, soda, alkohol
– Merokok
– Hamil
– Efek samping obat-obatan

Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Perlu Diwaspadai

Sementara itu, asam lambung naik ciri-cirinya bisa dikenali dengan sejumlah kondisi. Meski demikian, gejala asam lambung naik bisa berbeda-beda pada setiap orang.

Dirangkum dari laman Healthline, asam lambung naik ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

(1). Heartburn

Asam lambung naik ciri-cirinya yang paling umum adalah heartburn atau sensasi panas di dada. Asam lambung yang naik ke kerongkongan memang akan menimbulkan sensasi terbakar di dada.

(2). Rasa asam di mulut

Selanjutnya, asam lambung naik ciri-cirinya adalah terdapat rasa asam di mulut. Selain itu, kemungkinan juga akan ada sensasi terbakar di tenggorokan.

(3). Regurgitasi

Regurgitasi adalah sensasi saat cairan dan isi lambung bergerak ke atas atau seperti ingin muntah. Dalam beberapa kasus, regurgitasi bisa berujung muntah.

(4). Sulit menelan

Sulit menelan adalah salah satu ciri-ciri asam lambung naik Ciri-ciri asam lambung naik adalah sulit menelan atau disfagia. Beberapa kondisi lain yang menyebabkan disfagia adalah penyakit Parkinson, kanker, multiple sclerosis, dan stroke.

(5). Sakit tenggorokan

Salah satu ciri-ciri asam lambung naik adalah rasa sakit tenggorokan. Selain rasa sakit tenggorokan juga ada beberapa gejala asam lambung naik lainnya yakni suara serak dan benjolan di tenggorokan.

(6). Dispepsia atau rasa tidak nyaman di perut

Dispepsia adalah rasa tidak nyaman di perut yang juga dikenal sebagai gangguan pencernaan dan menimbulkan mual. Sebagai gejala asam lambung naik ciri-cirinya dispepsia adalah merasa kembung, mual, sakit perut, dan sering bersendawa.

(7). Sesak nafas

Asam lambung naik juga dapat menimbulkan sesak nafas atau memperburuk gejala asma baik pada anak dan orang dewasa.

(8). Batuk kering

Terakhir, asam lambung naik ciri-cirinya adalah batuk kering. Pada orang dewasa, batuk biasanya disertai dengan timbulnya benjolan di tenggorokan.

Sumber: Kontan

(*/Arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel