Al-Qaeda Rilis Video Terbaru Berisi Suara Syaikh Aiman Az Zawahiri, Masih Hidup?

Oleh:

|

Kategori:

(Twitter)

KAIRO (Arrahmah.id) – Media Pusat Al Qaeda (AQ) as-Sahab mengumumkan perilisan video baru dari Syaikh Aiman Az Zawahiri yang didedikasikan untuk Qari Imran, mendiang adalah komandan kunci Al-Qaeda di Anak Benua India (AQIS).

Video ini merupakan bagian pertama dari seri ini.

Qari Imran dibunuh pada 2015 di Waziristan Utara beberapa hari setelah pembunuhan tokoh terkemuka AQIS lainnya, Ahmed Farooq di Waziristan Selatan.

Namun, perlu dicatat bahwa video AQ ini tidak menjelaskan apakah Az Zawahiri masih hidup atau sudah wafat. Mengingat video ini tidak bertanggal dan transkripnya tidak secara jelas menunjukkan kerangka waktu pembuatannya.

Az Zawahiri yang diyakini wafat dalam serangan AS pada Agustus 2022 di Afghanistan, merupakan pukulan terbesar bagi kelompok militan tersebut sejak pendirinya Osama bin Laden wafat pada 2011.

Al Qaeda belum menunjuk penggantinya. Tapi Saif al-Adel, seorang mantan perwira pasukan khusus Mesir yang misterius dan rendah hati yang merupakan anggota tinggi Al Qaeda, diyakini oleh para ahli sebagai pemimpin saat ini.

Amerika Serikat menawarkan hadiah hingga $10 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya. (zarahamala/arrahmah.id)