Anwar Ibrahim: Fokus utama saat ini adalah biaya hidup

Oleh:

|

Kategori:

(Foto: Getty Images)

KUALA LUMPUR (Arrahmah.id) – Perdana Menteri Malaysia yang baru diangkat, Anwar Ibrahim mengatakan pada Jumat (25/11/2022) bahwa fokus utamanya adalah pada biaya hidup, saat ia menjabat dengan ekonomi yang melambat dan negara yang sangat terpecah setelah pemilihan umum yang tegang.

Anwar (75), dilantik sebagai perdana menteri pada Kamis, ia diangkat oleh raja Malaysia setelah pemilihan yang mengalami kebuntuan, mengatakan bahwa perhatian utamanya adalah ekonomi dan dia akan memiliki kabinet yang lebih kecil daripada pemerintahan sebelumnya.

“Prioritas saya sekarang adalah mengatasi biaya hidup,” katanya dalam konferensi pers setelah melapor untuk bertugas di kantor perdana menteri, lansir Reuters (26/11).

Anwar belum mengumumkan penunjukan kabinet untuk pemerintahan koalisinya. Dia sebelumnya mengindikasikan akan ada dua wakil perdana menteri di kabinetnya -satu dari mantan aliansi penguasa Barisan dan satu lagi dari blok politik yang lebih kecil di Malaysia Borneo.

Pengangkatannya mengakhiri lima hari krisis pasca pemilihan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Saingannya, mantan perdana menteri Muhyiddin Yassin, menolak menyerah, menantang Anwar untuk membuktikan mayoritasnya di parlemen. Namun pada Jumat, Muhyiddin mengatakan dia menerima penunjukan Anwar dan bloknya akan berperan sebagai oposisi.

Raja konstitusional, Raja Al-Sultan Abdullah, meredakan krisis dengan menunjuk Anwar setelah berkonsultasi dengan berbagai politisi. (haninmazaya/arrahmah.id)