Arab Saudi Sita 30 Ton Narkotika Jenis Qat

Oleh:

|

Kategori:

Qat, atau khat, adalah daun yang melepaskan bahan kimia yang mirip dengan amfetamin dan menghasilkan rasa melayang ketika dikunyah. [Getty-file photo]

RIYADH (Arrahmah.id) – Arab Saudi pada Rabu (28/12/2022) menyatakan telah menyita hampir 30 ton qat semak narkotika ringan bulan ini, sebagai bagian dari tindakan keras dalam pemberantasan narkoba oleh kerajaan kaya minyak itu.

Qat,atau khat, adalah daun yang dimasukkan ke dalam mulut dan dikunyah perlahan-lahan, melepaskan bahan kimia yang mirip dengan amfetamin dan menyebabkan mabuk ringan.

Ini sangat populer di negara-negara Yaman dan Tanduk Afrika seperti Ethiopia dan Somalia.

Otoritas perbatasan Saudi menyita 29,2 ton qat di selatan negara itu, dekat perbatasan dengan Yaman, serta di utara, dekat Yordania, menurut kantor berita resmi Saudi Press Agency.

Pengiriman itu disita antara 3 dan 24 Desember, menurut SPA.

Lebih dari 360 penyelundup ditangkap, kebanyakan dari mereka orang Yaman tetapi juga beberapa orang Etiopia dan Saudi, katanya.

Yaman, yang jatuh dalam perang saudara sejak 2014 dan telah lama menjadi negara termiskin di Jazirah Arab, adalah produsen dan konsumen utama qat, yang dilarang di beberapa negara tetapi telah menjadi bagian dari tatanan sosial Yaman selama ribuan tahun.

Negara ini pernah terkenal dengan industri kopinya, tetapi keuntungan qat telah melampaui perdagangan tersebut dan menyebar ke lahan pertanian lainnya termasuk Ethiopia dan Kenya.

Arab Saudi juga merupakan pasar utama untuk amfetamin adiktif yang disebut captagon. (zarahamala/arrahmah.id)