Balas Aksi Pro LGBT Jerman, Penonton Qatar Bawa Poster Mezut Ozil

Oleh:

|

Kategori:

Suporter membawa poster yang menampilkan mantan pemain Jerman Mesut Ozil saat pertandingan Spanyol melawan Jerman di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar. [Foto: Kai Pfaffenbach/REUTERS]

DOHA (Arrahmah.id) — Bentrok antara Spanyol dan Jerman pada Senin (28/11/2022) dini hari WIB jadi salah satu laga yang ditunggu-tunggu di Piala Dunia 2022. Namun, suporter di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, melakukan protes kepada ‘Der Panzer’ di duel tersebut.

Saat pertandingan berlangsung, beberapa suporter mencuri perhatian di tribun. Sekumpulan fan dengan gamis putih dan penutup kepala menunjukkan foto mantan pemain Jerman, Mesut Ozil.

Selain foto Ozil, seperti dilansir India Today (28/11), ada juga yang membawa sketsa mantan bintang Real Madrid itu. Yang paling menarik perhatian adalah para suporter tersebut juga melakukan gesture menutup mulut.

Gerakan yang terkoordinasi ini tampaknya sebagai respons atas sikap para penggawa Jerman saat melawan Jepang, Rabu (23/11) lalu.

Pada saat itu, pasukan Hansi Flick membuat gesture menutup mulut sebelum laga.

Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes atas kebijakan FIFA yang tak memberikan izin kepada beberapa negara Eropa, termasuk, Jerman untuk mengenakan ban kapten LGBT.

Sementara itu, aksi suporter di Stadion Al Bayt juga merujuk kepada perlakuan Jerman terhadap Ozil. Ozil mundur dari timnas setelah menjadi sasaran pelecehan rasialisme dan dijadikan kambing hitam kala Jerman tersingkir dari Piala Dunia 2018.

Ozil merupakan pemain kelahiran Jerman yang memiliki darah Turki. Pada saat itu, ia menuduh federasi, penggemar, dan media melakukan rasialisme terhadap orang-orang yang memiliki hubungan darah dengan Turki.

“Saya orang Jerman ketika kami menang, tetapi saya adalah imigran ketika kami kalah,” kata Ozil saat itu dikutip dari AP.

Serangan terhadap Ozil dimulai sebelum Piala Dunia 2018 di mana sang pemain berpose bersama Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Serangan terhadapnya kian intens usai turnamen.

Duel Spanyol vs Jerman sendiri berakhir imbang 1-1. La Furia Roja buka keunggulan lewat Alvaro Morata di menit 62, Nicklas Fullkurg lalu menyamakan kedudukan di menit 83.

Hasil tersebut membuat Spanyol tetap di puncak klasemen Grup E dengan 4 poin. Jerman yang ada di peringkat keempat dengan 1 poin masih memiliki kans untuk lolos ke babak 16 besar.(hanoum/arrahmah.id)