Baru Saja Selamat dari Banjir, 18 Orang Warga Pakistan Tewas Terbakar dalam Bis

Oleh:

|

Kategori:

Kebakaran terjadi setelah unit AC kendaraan terbakar. [Foto : AP]

KARACHI (Arrahmah.id) — Nasib naas menimpa 19 warga Pakistan yang baru saja selamat dari banjir Pakistan. Setelah mereka berhasil menyelamatkan diri dari banjir, bus yang mereka tumpangi terbakar dan mereka hangus di dalamnya.

“Sedikitnya 18 warga Pakistan, termasuk 12 anak-anak, tewas dalam kebakaran bus saat mereka dalam perjalanan pulang setelah melarikan diri dari bencana banjir monsun,” kata para pejabat dan petugas penyelamat, seperti dikutip dari AFP (13/10/2022).

Pakistan telah dilanda hujan muson yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini, menempatkan sepertiga dari negara itu terendam air, menggusur delapan juta orang, dan menyebabkan kehancuran senilai $28 miliar.

Saat air perlahan surut, ribuan pengungsi – banyak yang tinggal di tenda bobrok – melakukan perjalanan kembali ke rumah mereka yang basah untuk menata kembali kehidupan mereka.

Polisi mengatakan para penumpang tewas ketika api berkobar semalam di sebuah bus menuju utara di luar kota Karachi, tempat mereka menetap setelah melarikan diri dari salah satu daerah yang paling parah dilanda banjir.

“Mereka akan kembali ke desa ketika disalip oleh kecelakaan ini,” ungkap seorang pejabat kesehatan distrik yang hadir di tempat kejadian, Vinod Kumar, kepada AFP.

“Rupanya api terjadi di sistem pendingin udara bus, tetapi penyelidikan akan mengungkap penyebab sebenarnya,” kata petugas polisi Hashim Brohi.

Pakistan memiliki catatan buruk tentang kecelakaan lalu lintas yang fatal karena kendaraan yang tidak dirawat dengan baik, jalan yang buruk, mengemudi yang sembrono, dan layanan darurat yang kurang terlatih.

Sementara itu, banjir bersejarah di seluruh negeri – yang telah menewaskan 1.700 orang – telah dikaitkan dengan perubahan iklim.(hanoum/arrahmah.id)