Dubes Saudi: Kemitraan Saudi-AS Sangat Penting Untuk Keamanan Global

Oleh:

|

Kategori:

Putri Reema binti Bandar Al Saud mengatakan 'hubungan ini sangat penting bagi dunia'. [AFP/Getty-archive]

WASHINGTON (Arrahmah.id) – Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat, Putri Reema binti Bandar Al Saud mengatakan pada Rabu (18/1/2023) bahwa mempertahankan kemitraan strategis yang telah berlangsung lama antara Riyadh dan Washington “sangat diperlukan” untuk stabilitas global.

Aliansi tradisional antara Arab Saudi dan Amerika Serikat telah retak di bawah pemerintahan Presiden Joe Biden atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi pada 2018 oleh agen Saudi, perang Yaman yang melibatkan koalisi pimpinan Saudi dan baru-baru ini perang Ukraina dan kebijakan minyak OPEC+.

“Ya, ada momen konflik dan ketidaksepakatan, tetapi itu tidak menghilangkan fakta bahwa kami berdua adalah sekutu strategis dan kami adalah teman, dan hubungan ini sangat penting bagi dunia,” kata Putri Reema pada sebuah panel di World Economic Forum di Davos.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman telah menghadapi kemarahan AS atas kebijakan energi – yang menurut pejabat Saudi telah dibenarkan oleh stabilitas harga minyak – dan tekanan untuk membantu mengisolasi Rusia.

Washington juga telah menyuarakan keprihatinan tentang meningkatnya hubungan negara-negara Teluk Arab dengan mitra dagang utama Cina.

Menteri Keuangan Saudi Mohammed Al-Jadaan, ketika ditanya dalam panel yang sama tentang kunjungan presiden Cina ke kerajaan pada Desember, mengatakan bahwa Cina dan Amerika Serikat sangat penting bagi Arab Saudi.

Dia mengatakan kerajaan sebagai pengekspor minyak utama dunia, bertujuan untuk “menjembatani” kesenjangan antara dua raksasa ekonomi saingan itu.

Saat menghadiri KTT Teluk Arab di Riyadh, Presiden Xi Jinping menyerukan perdagangan minyak dalam yuan karena Beijing berupaya menetapkan mata uangnya secara internasional dan melemahkan cengkeraman dolar AS pada perdagangan dunia.

Pada Selasa (17/1), Jadaan mengatakan kepada Bloomberg TV bahwa Arab Saudi tidak mengesampingkan diskusi tentang bagaimana menyelesaikan perdagangannya, baik dalam dolar, euro atau riyal Saudi, jika itu akan membantu meningkatkan perdagangan global.

Utusan Saudi untuk Washington selama panel menekankan pentingnya hubungan AS-Saudi yang telah bertahan selama 80 tahun. (zarahamala/arrahmah.id)

Komentar