Empat Pejuang Kemerdekaan Kashmir Tewas dalam Baku Tembak dengan Polisi India

Oleh:

|

Kategori:

Tentara India memeriksa lokasi baku tembak di Nagrota, di jalan raya Jammu-Srinagar, Kashmir yang dikuasai India, pada 28 Desember 2022. [Foto : AP/Channi Anand]

SRINAGAR (Arrahmah.id) — Polisi di wilayah Kashmir yang dikuasai India mengatakan pasukan pemerintah menewaskan empat tersangka militan dalam baku tembak

Seorang perwira tinggi polisi, Mukesh Singh, mengatakan, seperti dilansir VOA (28/12/2022), pasukan India mencegat sebuah truk di pinggiran kota Jammu pada Rabu (28/12) pagi menyusul “pergerakan kendaraan itu yang tidak biasa” di jalan raya.

Ketika pasukan mulai menggeledah truk, tembakan datang dari dalam, yang dibalas oleh pasukan, sehingga terjadi baku tembak, kata Singh kepada wartawan.

Polisi mengatakan empat tersangka militan tewas dan pihak berwenang menemukan sedikitnya delapan senapan otomatis dan beberapa amunisi dari truk tersebut.

Menurut polisi, pengemudi truk melarikan diri dan pencarian sedang dilakukan untuk menemukannya. Tidak ada konfirmasi independen atas dugaan baku tembak tersebut.

Kashmir terbagi antara India dan Pakistan dan keduanya mengklaim wilayah yang disengketakan secara keseluruhan.

Pejuang kemerdekaan di bagian Kashmir yang dikuasai India telah berperang melawan pemerintahan New Delhi sejak 1989. Sebagian besar Muslim Kashmir mendukung mereka yang ingin menyatukan wilayah tersebut dengan Pakistan atau menjadi merdeka sendiri.

India melabeli pejuang kemerdekaan Kashmir adalah terorisme yang disponsori Pakistan. Pakistan membantah tuduhan itu, dan sebagian besar warga Kashmir menganggapnya sebagai perjuangan kemerdekaan yang sah. (hanoum/arrahmah.id)