Fasilitas energi utama di dekat Kiev hancur dalam serangan rudal Rusia

Oleh:

|

Kategori:

Petugas polisi memeriksa lokasi di mana beberapa mobil hancur setelah serangan Rusia di Zaporizhzhia, Ukraina. (Foto: AP)

KIEV (Arrahmah.id) – Sebuah serangan rudal merusak fasilitas energi utama di dekat ibu kota Ukraina, Kiev, kata operator jaringan negara itu, ketika militer Rusia berusaha untuk memutus aliran listrik di daerah-daerah berpenduduk, sementara juga bertahan melawan serangan balik Ukraina di wilayah-wilayah pendudukan.

Gubernur regional Kiev Oleksiy Kuleba mengatakan pada Sabtu (15/10/2022) bahwa serangan terhadap fasilitas tak dikenal itu tidak membunuh atau melukai siapa pun.

Perusahaan transmisi listrik Ukrenergo mengatakan kru perbaikan sedang bekerja untuk memulihkan layanan listrik tetapi memperingatkan penduduk tentang kemungkinan pemadaman lebih lanjut.

Setelah ledakan pekan lalu merusak jembatan yang menghubungkan Rusia ke Semenanjung Krimea yang diduduki, Kremlin meluncurkan apa yang diyakini sebagai serangan rudal terkoordinasi terbesar di Ukraina sejak invasi awal negara itu pada akhir Februari.

Serangan pembalasan satu pekan ini, telah menewaskan puluhan orang, lansir Al Jazeera.

Serangan itu menghantam bangunan tempat tinggal, serta infrastruktur sipil – seperti pembangkit listrik di Kiev, Lviv di Ukraina barat, dan kota-kota lain yang mengalami sedikit serangan dalam beberapa bulan terakhir.

Kyrylo Tymoshenko, wakil kepala kantor presiden Ukraina, pada hari Sabtu mendesak penduduk daerah Kiev dan orang-orang di tiga wilayah tetangga untuk mengurangi konsumsi energi mereka selama jam-jam malam.  (haninmazaya/arrahmah.id)