Gerebek Persembunyian ISKP di Kabul, Taliban Tewaskan Tiga Militan

Oleh:

|

Kategori:

Seorang pejuang Taliban memeriksa rumah anggota militan ISKP yang hancur dalam konflik yang sedang berlangsung antara keduanya di Kabul, Afghanistan, pada 5 Januari 2023. [Foto : AP/Ebrahim Noroozi]

KABUL (Arrahmah.id) — Pasukan keamanan Taliban di Afghanistan telah menggerebek tempat persembunyian kelompok militan Islamic State Khurasan Provience (ISKP) di ibu kota, Kabul, dan membunuh beberapa anggota kelompok militan itu, menurut para pejabat kepada VOA (13/2/2023).

Aksi Taliban yang dilakukan pada Senin (13/2) malam itu terjadi seminggu setelah Arab Saudi mengevakuasi semua diplomat dan staf kedutaannya di negara itu dengan alasan masalah keamanan.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengumumkan beberapa rincian penggerebekan di kawasan perumahan Kart-e-Now tidak lama setelah dilakukan. Tetapi sejak itu dia tidak membagikan informasi baru.

Mujahid mengklaim operasi itu dengan cepat membunuh beberapa anggota utama ISKP, termasuk militan asing.

“Ini adalah tempat persembunyian kelompok ISKP yang penting, yang terlibat dalam serangan baru-baru ini di Kabul,” kata juru bicara Taliban itu.

ISKP diketahui telah melakukan beberapa serangan bom mematikan dan serangan lainnya di Afghanistan dalam beberapa bulan terakhir, dengan menarget kedutaan besar Rusia dan Pakistan dan sebuah hotel yang dikelola Cina di pusat kota Kabul.

Seorang pembom bunuh diri ISKP meledakkan dirinya di luar kedutaan Rusia September lalu. Kemudian, pada bulan Desember, kepala diplomat Pakistan selamat dari upaya pembunuhan oleh seorang pria bersenjata yang diduga dari kelompok militan itu. Serangan tersebut terjadi hanya beberapa hari sebelum dua pria bersenjata ISKP menyerbu dan melukai lima tamu hotel dari Cina di Kabul. (hanoum/arrahmah.id)