Gula dapat Memutar Walkman ?

Oleh:

|

Kategori:

Semua orang sudah tahu bahwa gula menyumbangkan kalori bagi tubuh. Tapi, tahukan anda bahwa gula juga dapat menggerakan sebuah pemutar musik digital ?

Sony Corp., salah satu produsen bateri terbesar di dunia, baru saja mengembangkan sebuah bateri yang menghasilkan daya listrik dengan cara memecah gula. Bio sel tersebut mampu menghasilkan 50milliwatt listrik, sebuah rekor dunia untuk sebuah sel, kata perusahaan itu.

Dikutip dari infoworld.com pada Jumat (24/8), sebuah video yang disediakan Sony menunjukkan empat sel energi memperkuat pemutar musik player, Walkman. Baterai tersebut menggunakan glukosa sebagai bahan bakar. Sementara itu, video kedua menunjukkan sebauh kipas kecil yang diperkuat oleh sel yang terhubung dengan sebuah minuman glukosa yang digunakan sebagai bahan bakar.

Pada sel lainnya, daya dihasilkan dengan mengalirkan elektron antara katoda dan anoda. Namun, dalam bio sel yang terbuat dari gula, enzim pada anoda mengekstrak elektron dan ion hidrogen dari glukosa. Ion hidrogen tersebut melewati sebuah sekat membran menunju katoda dimana oksigen diserap dari udara dan menghasilkan air. Sementara elektron mengalir di sekitar sirkuit di luar perangkat dan menghasilkan listrik yang diperlukan untuk memperkuatnya.

Baterai biologis tersebut akan dipaparkan secara detail dalam American Chemical Society National Meeting and Exposition ke 234 yang akan digelar pekan ini di Boston.

Sumber: Indocommit