Hamas: “Israel” tidak serius soal pertukaran tahanan

Oleh:

|

Kategori:

Pejuang Hamas berjaga-jaga selama demonstrasi memperingati Hari Tahanan Palestina di Kota Gaza pada April 2016. (Foto: Reuters)

GAZA (Arrahmah.id) – Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, mengatakan pada Ahad (1/1/2023) bahwa “Israel” tidak serius tentang kesepakatan pertukaran tahanan, menurut pernyataan seorang pejabat senior.

Berbicara kepada Al Ghad TV, anggota Biro Politik Hamas, Zaher Jabareen, mengatakan: “Pendudukan ‘Israel’ tidak menanggapi beberapa inisiatif yang diajukan oleh beberapa pihak.”

Dia menyatakan bahwa beberapa inisiatif tersebut diusulkan oleh Mesir, Qatar, PBB dan mediator lainnya.

Jabareen, yang bertanggung jawab atas portofolio para tahanan dan syuhada, mengatakan: “Masalah tahanan adalah agenda harian Hamas. Pembebasan tahanan mungkin menjadi tujuan utama pertempuran berikutnya melawan pendudukan.”

Dia menambahkan: “Keputusan kami jelas. Kami telah berjanji untuk mengupayakan pembebasan tahanan kami, berapa pun harganya.”

Perlu dicatat bahwa ada empat tawanan “Israel” yang ditahan oleh perlawanan Palestina di Gaza, sementara ada lebih dari 4.700 tahanan Palestina, termasuk 29 wanita, 150 anak di bawah umur dan 850 di bawah penahanan administratif di dalam penjara “Israel”. (haninmazaya/arrahmah.id)