Hari Ini Hamas Kunjungi Suriah Untuk Normalisasi Hubungan

Oleh:

|

Kategori:

Presiden Suriah Bashar Assad (kanan) bertemu dengan Ismail Haniyeh dari Hamas di Damaskus, Suriah, pada 4 Desember 2006. [Foto : AP]

GAZA (Arrahmah.id) — Delegasi Hamas dikatakan akan mengunjungi Suriah hari Rabu (19/10/2022) ini, kata juru bicara Hamas Hazem Qassem kepada Anadolu Agency (18/10).

Qassem mengatakan delegasi akan melakukan pembicaraan dengan para pejabat rezim Suriah, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

“Perjalanan tersebut merupakan bagian dari kunjungan sejumlah delegasi dari faksi-faksi Palestina ke Damaskus,” tambah dia.

Bulan lalu, Hamas mengatakan akan mengejar upaya untuk menormalkan hubungan dengan rezim Suriah.

Pada 21 Juni, sebuah sumber Palestina mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa Hamas dan rezim Suriah sedang bersiap untuk memulihkan hubungan menyusul upaya sekutu regional mereka, termasuk kelompok Syiah Lebanon Hizbullah dan Iran.

Sejak 1999, Hamas menggunakan Damaskus sebagai markas kepemimpinannya di luar negeri, hingga 2012 ketika kelompok Palestina memutuskan hubungan dengan rezim dan menutup kantornya di Suriah menyusul meletusnya konflik Suriah. (hanoum/arrahmah.id)