Influencer Andrew Tate Ditangkap Atas Tuduhan Perdagangan Manusia

Oleh:

|

Kategori:

Outlet media Rumania menggambarkan Tate dibawa pergi dengan borgol oleh polisi bertopeng. [Getty images]

BUKARES (Arrahmah.id) – Influencer media sosial dan mantan kickboxer profesional, Andrew Tate ditahan di Rumania, Kamis malam (29/12/2022) atas tuduhan perdagangan manusia dan pemerkosaan, menurut laporan media lokal.

Tate, seorang warga negara Inggris-AS yang sebelumnya dikecam di berbagai platform media sosial karena mengungkapkan pandangan misoginis dan ujaran kebencian, dilaporkan ditahan bersama saudaranya Tristan di daerah Ilfov di utara ibukota Rumania, Bukares.

Badan anti kejahatan terorganisir Rumania mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa empat tersangka, termasuk dua warga negara Inggris dan dua orang Rumania, ditangkap dengan tuduhan menjadi bagian dari kelompok kejahatan terorganisir, perdagangan manusia dan pemerkosaan.

Badan tersebut, DIICOT, mengatakan warga Inggris merekrut wanita yang menjadi sasaran “kekerasan fisik dan mental”, dieksploitasi secara seksual oleh anggota kelompok dan dipaksa untuk tampil dalam pornografi yang dimaksudkan untuk meraup “keuntungan finansial”.

Pernyataan itu tidak menyebutkan nama Tate bersaudara. Foto-foto yang diterbitkan oleh media Rumania menggambarkan Tate dibawa pergi dengan borgol oleh aparat bertopeng.

DIICOT mengatakan telah mengidentifikasi enam orang yang dieksploitasi secara seksual oleh kelompok kriminal terorganisir tersebut, dan lima rumah digerebek pada Kamis (29/12). Para tersangka ditahan selama 24 jam.

Awal pekan ini, Tate mengunggah video di Twitter tentang wilayah pegunungan Rumania, negara Eropa Timur tempat dia dilaporkan tinggal selama lima tahun terakhir.

Polisi Rumania juga diduga menggunakan video yang menampilkan kotak pizza yang diunggah Tate kemarin termasuk beberapa kotak pizza dari merek yang hanya dijual di Rumania.

Tate pekan ini juga terlibat perdebatan panas dengan aktivis iklim berusia 19 tahun Greta Thunberg di Twitter setelah dia membagikan foto dirinya berdiri di samping Bugatti dan berkata bahwa dia memiliki 33 mobil.

Rekaman video dari penggerebekan polisi yang menyertai pernyataan badan anti kejahatan terorganisir itu menunjukkan beberapa mobil sport yang kabur, sejumlah uang tunai, dan pistol. (zarahamala/arrahmah.id)