Ini dia manfaat rutin minum air hangat bagi kesehatan

(Arrahmah.com) – Rutin meminum air hangat setiap harinya akan membawa dampak yang baik untuk kesehatan, bahkan bisa membantu menurunkan berat badan Anda.

Air merupakan salah satu komponen penting yang kebutuhannya wajib dipenuhi setiap hari. Kekurangan asupan air, metabolisme tubuh akan terganggu dan bisa mengakibatkan dehidrasi.

Meskipun penting untuk tubuh, tidak sembarang air bisa kita konsumsi. Air mentah atau yang belum dimasak bisa berbahaya untuk kesehatan.

Soalnya, air mentah mengandung bakteri yang bisa mengganggu pencernaan kita. Sebelum diminum, sebaiknya air dimasak terlebih dahulu hingga mendidih.

Setelah mendidih, dinginkan air hingga menjadi hangat sebelum diminum. Meminum air hangat secara rutin ternyata membawa banyak manfaat.

Berikut ini adalah manfaat minum air putih hangat secara rutin:

Mencegah Serangan Penyakit

Air yang sudah dimasak hingga mendidih aman untuk dikonsumsi karena bakteri dan kuman dalam air sudah mati.

Minum air hangat yang sudah dimasak akan mencegah serangan penyakit seperti diare, disentri, tipes, cacingan, penyakit kulit, hingga keracunan.

Pastikan air yang akan Anda minum sudah benar-benar dimasak dan didiamkan agar hangat. Jangan langsung meminum air yang masih panas karena bisa melukai mulut hingga organ pencernaan lainnya.

Membunuh Virus dalam Tubuh

Salah satu manfaat minum air hangat adalah membunuh virus dalam tubuh. Banyak orangtua yang menyarankan meminum air putih hangat saat kita sedang sakit terutama saat demam atau flu.

Ternyata air hangat yang sebelumnya dimasak hingga mendidih dapat membantu membunuh virus dan penyakit pada tubuh.

Itulah mengapa tubuh akan terasa lebih ringan dan nyaman setelah kita minum air hangat saat sedang sakit.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan adalah salah satu sistem penting dalam tubuh manusia. Untuk menjaga kesehatannya, kita perlu menjaga pola makan dan berolahraga rutin.

Selain dua hal tersebut, kita bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan rutin meminum air putih hangat setiap pagi.

Air putih hangat bisa membantu membersihkan isi perut kita dari sisa makanan, mengeluarkan racun, hingga membantu menurunkan berat badan.

Melegakan Tenggorokan

Anda sedang mengalami gangguan pada tenggorokan dan hidung seperti hidung tersumbat? Coba legakan gejala penyakit tersebut dengan memanfaatkan air hangat atau air panas.

Caranya cukup dengan menghirup uap air panas secara rutin. Uap tersebut bisa membantu mengencerkan lendir dalam hidung dan mengurangi rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Saat menghirup uap air, Anda perlu berhati-hati agar tidak terkena air panas. Kulit bisa terkena luka bakar jika terkena air yang masih panas.

Sumber: Kontan

(*/Arrahmah.com)

 

 

 

 

 

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel