Iran akan menerima jet tempur Rusia Su-35

Oleh:

|

Kategori:

(Foto: Reuters)

TEHERAN (Arrahmah.id) – Iran akan menerima jet tempur Su-35 Rusia dalam waktu tiga bulan berdasarkan kesepakatan dengan Moskow, kata seorang anggota parlemen Iran pada Ahad (15/1/2023), Anadolu melaporkan.

Shahriar Heidari, anggota Komite Keamanan Nasional parlemen, mengatakan kepada Kantor Berita Tasnim bahwa jet akan tiba di Iran tahun ini, yang dimulai 21 Maret.

Menurut Heidari, Teheran juga telah memesan sejumlah peralatan militer lainnya dari Rusia, termasuk sistem pertahanan udara, sistem rudal, dan helikopter, yang sebagian besar akan segera tiba.

Menurut laporan media, Iran akan menerima 24 jet tempur generasi keempat bermesin ganda yang sangat bermanuver yang akan digunakan terutama untuk misi superioritas udara.

Beberapa jet tempur akan berbasis di Pangkalan Udara Taktis (TAB) 8 Angkatan Udara Iran (IRIAF), yang terletak di kota Isfahan di Iran tengah.

Iran belum memperoleh pesawat tempur baru dalam beberapa tahun terakhir, kecuali beberapa pesawat tempur MiG-29 Fulcrum Rusia yang dibeli pada 1990-an.

Iran dan Rusia telah menandatangani perjanjian penting dalam beberapa bulan terakhir untuk memperkuat kerja sama ekonomi, perdagangan, energi, dan militer mereka.

September lalu, Panglima Angkatan Udara Iran Hamid Vahedi menyatakan bahwa pembelian pesawat tempur Su-30 tidak masuk dalam agenda negaranya. (haninmazaya/arrahmah.id)