Jet tempur Rusia alami kecelakaan, tewaskan dua awak

Oleh:

|

Kategori:

(Foto: Yahoo News)

SIBERIA (Arrahmah.id) – Dua pilot tewas ketika jet tempur Rusia menabrak sebuah bangunan perumahan berlantai dua di kota Irkutsk di Siberia selatan.

Video kecelakaan pada Ahad (23/10/2022) menunjukkan pesawat terjun hampir vertikal sebelum menabrak gedung, asap hitam pekat terlihat membumbung ke langit.

Gubernur Igor Kobzev mengatakan di media sosial bahwa penghuni rumah untuk dua keluarga tidak terluka. Petugas pemadam kebakaran bergegas ke lokasi kejadian untuk memadamkan api, lansir Al Jazeera.

Cabang lokal kementerian darurat Rusia mengatakan jet tempur Su-30 jatuh selama penerbangan pelatihan.

Irkutsk, pusat industri berpenduduk lebih dari 600.000 orang, adalah rumah bagi pabrik pesawat yang memproduksi pesawat tempur Su-30.

Kecelakaan itu terjadi kurang dari seminggu setelah jet Sukhoi Su-34 menabrak sebuah bangunan perumahan bertingkat di kota Yeysk Rusia, menewaskan 15 orang.

Su-34 adalah jet tempur bermesin ganda supersonik yang dilengkapi dengan sensor dan senjata canggih. Ini adalah komponen kunci dari angkatan udara Rusia dan telah banyak digunakan dalam perang di Suriah dan invasi Rusia ke Ukraina. (haninmazaya/arrahmah.id)