Kelompok Hindu Radikal Bubarkan Shalat Jumat di India

Oleh:

|

Kategori:

Kelompok hindu radikal Bajrang Dal membubarkan umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah shalat Jumat. [Foto : Times of India]

GURUGRAM (Arrahmah.id) — Sejumlah massa Hindu radikal dari kelompok Bajrang Dal mengganggu ibadah shalat Jumat yang digelar di sektor 69. Akibat gangguan tersebut, ratusan warga muslim yang sedang ibadah shalat Jumat meninggalkan lokasi.

Dilansir Times of India (23/12/2022), polisi setempat mengatakan sekitar 15 anggota Bajrang Dal yang dipimpin oleh kepala keamanan distrik Amit Hindu telah menggangu aktivitas shalat Jumat di Haryana Shahari Vikas Pradhikaran (HSVP), sektor 69.

Setelah menerima informasi, tim polisi tiba di lokasi dan menemukan bahwa orang-orang dari komunitas Muslim telah meninggalkan tempat tersebut, kata Umesh Kumar, SHO dari kantor polisi Badshahpur.

Tim meminta anggota Bajrang Dal untuk meninggalkan tempat itu setelah situasi dapat dikendalikan, katanya.

“Lokasi tersebut adalah salah satu dari enam lokasi yang ditunjuk dibolehkan untuk pelaksanaan ibadah shalat secara terbuka. Kami belum menerima pengaduan apapun dan jika diterima akan diambil tindakan sesuai hukum,” tambahnya.

Tahun lalu administrasi distrik menetapkan enam lokasi termasuk Atlas Chowk di HSIIDC Ground, Peepal Chowk di Udyog Vihar fase-2, lahan HSVP di Udyog Vihar fase-4, Leisure Valley Ground di Sektor 29, lahan HSVP di Sektor 42 dan lahan HSVP di Sektor 69 untuk pelaksanaan shalat oleh komunitas Muslim.

Amit Hindu, seorang anggota sayap kanan, menuduh para jamaah melanggar batas sabuk hijau di daerah tersebut untuk shalat. (hanoum/arrahmah.id)