Khabib Nurmagomedov Pensiun Sepenuhnya dari Dunia MMA, Tak Lagi Jadi Pelatih

Oleh:

|

Kategori:

Khabib Nurmagomedov. (Twitter)

MAKHACHKALA (Arrahmah.id) – Mantan juara Ultimate Fighting Championship (UFC) legendaris Khabib Nurmagomedov dilaporkan telah pensiun menjadi pelatih seni bela diri campuran (MMA) dan memilih menghabiskan waktu bersama keluarga.

Dalam postingan Instagram baru-baru ini, Nurmagomedov yang berusia 34 tahun mengisyaratkan bahwa dia akan meninggalkan MMA sepenuhnya setelah menghentikan partisipasinya dua tahun lalu.

“Jaga dirimu saudara-saudaraku. Aku harap keputusanku adalah yang terbaik, peluk untuk kalian semua. Terima kasih. Kalian adalah alasan terbesarku untuk menjadi sukses dalam olahraga.” tulis Nurmagomedov.

Kabar tersebut kemudian dikonfirmasi oleh media pemerintah Rusia Tass.ru, yang menambahkan bahwa Nurmagomedov ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya.

“Khabib meninggalkan industri MMA, ungkap sebuah sumber kepada Tass.ru. “Dia tidak akan lagi melatih, tidak akan hadir bersama tim di kamp pelatihan. Hal ini dilakukan untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya.”

Tweet jurnalis Chisanga Malata baru-baru ini mengatakan bahwa mantan juara kelas ringan itu berencana untuk fokus pada keluarga dan bisnisnya.

Wartawan itu mencuit, “Mantan juara kelas ringan #UFC Khabib Nurmagomedov dilaporkan berencana untuk sepenuhnya meninggalkan MMA. Nurmagomedov, tentu saja, terjun ke dunia kepelatihan & Eagle FC sejak pensiun 2 tahun lalu. Dia diharapkan untuk fokus pada keluarga dan bisnisnya.”

Shami Zavurov, sepupu Khabib dan sesama petarung profesional, juga mengisyaratkan bahwa mantan juara tersebut telah pensiun menjadi pelatih.

“Dia meninggalkan olahraga ini, tetapi semangat olahraga tidak akan pernah meninggalkannya,” tulis Zavurov di Instagram.

Patut dicatat bahwa, Khabib dinobatkan sebagai salah satu dari 500 Muslim paling berpengaruh di dunia pada 2023.

Khabib Nurmagomedov adalah mantan petarung MMA. Selain menjadi petarung Rusia termuda dalam sejarah yang berkompetisi di UFC, dia juga menjadi orang Rusia dan Muslim pertama yang memenangkan gelar UFC.

Dia adalah juara UFC Ringan yang memegang rekor tak terkalahkan terpanjang dalam sejarah MMA dengan 29 kemenangan sebelum pensiun pada Maret 2021.

Dia memenangkan pertarungan profil tinggi atas Conor McGregor tetapi terlibat dalam perkelahian tepat setelah pertarungan yang menyebabkan kedua petarung tersebut dilarang selama beberapa bulan.

Sekembalinya ke atas ring pada September 2019, ia mengalahkan juara sementara. Dia berasal dari etnis Republik Dagestan Rusia dan memilih julukan “Eagle” untuk menghormati tempat kelahirannya. (zarahamala/arrahmah.id)