Koin Dinar Era Umayyah Akan Dilelang Di London Diperkirakan Terjual $791.000

Oleh:

|

Kategori:

Dinar memiliki ukiran bertuliskan 'Koin Amirul Mukminin'. (Foto: Classical Numismatic Group)

LONDON (Arrahmah.id) – Sebuah koin dinar langka yang akan dilelang di London pekan depan diperkirakan akan terjual lebih dari £700.000 (US$791.000), kata rumah lelang yang menjual barang tersebut.

Koin dinar tersebut berasal dari tahun 712 M, pertengahan era Umayyah, kata Classical Numismatic Group (CMG) dalam siaran persnya.

Ini adalah pertama kalinya koin dari kalender Islam tahun 93 H akan dilelang, kata CMG.

Koin ini juga langka karena memiliki ukiran bertuliskan ‘Koin Amirul Mukminin’.

“Dinar Umayyah yang luar biasa ini adalah dokumen sejarah yang kecil, indah, dan sangat langka,” kata spesialis koin Islam CMG Stephen Lloyd.

“Ia menjadi saksi saat emas Arab membantu seorang khalifah Umayyah membangun kembali beberapa situs paling suci dan paling penting di dunia Islam.”

Koin ini diperkirakan berasal dari masa pemerintahan Khalifah ke-6 Dinasti Umayyah, Khalifah Al-Walid I, yang memimpin pasukan menaklukkan sebagian Spanyol dan Afrika Utara, serta Asia Selatan dan Tengah.

Kekayaan yang diperoleh dari penaklukan tersebut membiayai pembangunan Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, Masjid Nabawi di Madinah, dan Masjid Umayyah di Damaskus. (zarahamala/arrahmah.id)