Manajer Bank Iran Dipecat Karena Layani Wanita Tak Berjilbab

Oleh:

|

Kategori:

Wanita di Iran diharuskan untuk menutupi kepala, leher, dan rambut mereka. [Rainer Puster/EyeEm/Getty-file photo]

TEHERAN (Arrahmah.id) – Seorang manajer bank Iran yang melayani seorang wanita tak berjilbab telah dipecat, media lokal melaporkan pada Ahad (27/11/2022), karena demonstrasi yang dipicu oleh aturan wajib penutup kepala mengguncang negara tersebut.

Perempuan di negara berpenduduk lebih dari 80 juta jiwa itu diwajibkan untuk menutupi kepala, leher, dan rambut mereka, sebuah hukum yang ditegakkan oleh polisi moralitas negara tersebut.

Kematian Mahsa Amini (22) pada 16 September dalam tahanan polisi moralitas Iran karena diduga melanggar aturan kode berpakaian, memicu demonstrasi nasional yang oleh pihak berwenang disebut “kerusuhan”.

Kantor berita semi-resmi Mehr melaporkan bahwa manajer bank di provinsi Qom, dekat ibu kota Teheran, “telah memberikan layanan bank pada Kamis (24/11) kepada seorang wanita tak berjilbab”.

Akibatnya dia “dicopot dari jabatannya atas perintah gubernur”, Mehr mengutip ucapan wakil gubernur Ahmad Hajizadeh.

Mehr mengatakan video wanita yang tidak mengenakan penutup kepala itu “menimbulkan banyak reaksi di media sosial”.

Di Iran sebagian besar bank dikendalikan negara dan Hajizadeh mengatakan itu adalah tanggung jawab manajer di lembaga tersebut untuk menerapkan hukum hijab.

Lusinan orang, terutama pengunjuk rasa dan juga anggota pasukan keamanan, tewas selama demonstrasi, yang menurut Iran didorong oleh “musuh” Baratnya.

Jilbab menjadi wajib empat tahun setelah revolusi 1979 yang menggulingkan monarki yang didukung AS dan mendirikan Republik Islam.

Belakangan, dengan perubahan norma pakaian, menjadi hal biasa melihat wanita dengan jeans ketat dan jilbab longgar berwarna-warni.

Akhirnya pada Juli tahun ini Presiden ultra-konservatif Ebrahim Raisi menyerukan mobilisasi “semua lembaga negara untuk menegakkan hukum jilbab”.

Namun, banyak wanita terus melanggar aturan. (zarahamala/arrahmah.id)