Masjid Di Cina, Antara Arsitektur dan Estetika

(Arrahmah.id) – Salah satu Masjid tertua di dunia, dari abad ke-7 terletak di Cina. Masjid Cina biasanya dibangun menyerupai pagoda dengan kombinasi estetika Cina dan Islam, agak berbeda dengan arsitektur masjid dengan kubah dan menara yang sudah kita kenal.

Di Cina, masjid disebut Qīng Zhēn Sì (Kuil Kebenaran Murni). Nama lainnya Huí Huí Shi (回回寺 kuil orang Hui), Lǐ Bai Shi (Kuil Ibadah), Zhēn Jiào Shi (Kuil Ajaran Sejati) atau Qīng Jìng Shi (Kuil Murni dan Bersih).

Apa saja masjid tua yang ada Cina? Mari kita ulas.

Masjid Xiaopiyuan

Arsitektur Islam Cina mencerminkan arsitektur lokal dalam gayanya. Ia memadukan kombinasi gaya Cina dan Islam. Namun, di Cina barat umumnya mereka memiliki bangunan masjid yang mirip dengan Iran dan Asia Tengah, dengan menara tinggi dan ramping, garis melengkung dan atap berbentuk kubah seperti Masjid Xiaopiyuan.

Catatan sejarah menunjukkan bahwa Masjid Xiaopiyuan di Xian, Shaanxi dibangun pada akhir Dinasti Tang (618-9070). Ia adalah salah satu dari empat masjid di Xian pada tahun 1107dan juga merupakan bangunan Islam paling awal di Xian.

Tampilan interior Masjid Xiaopiyuan.

Masjid Xiaopiyuan bergaya arsitektur istana tradisional Tiongkok yang dipadukan dengan unsur Islam dengan pembagian empat ruangan. Ruang salat wanita berada di ruangan pertama. Sebuah permata tersembunyi dari seni dan arsitektur Muslim Hui.

Secara tradisional, Muslim Hui berbicara dalam bahasa Cina dan menggunakan aksara Cina. Namun, jika berbicara tentang masjid, ruang salat hanya dihiasi dengan kaligrafi ayat-ayat Alquran dalam bahasa Arab. Sementara kaligrafi Cina biasanya ditempatkan di bagian luar ruang salat.

Masjid Agung Xian

Masjid Agung Xian sendiri adalah salah satu masjid pramodern terbesar di Tiongkok. Meskipun masjid ini pertama kali dibangun pada 742 M, bentuknya saat ini sebagian besar merupakan hasil restorasi pada 1384 M di masa pemerintahan Kaisar Hongwu dari dinasti Ming.

Layaknya mayoritas masjid Cina yang dibangun antara periode Ming dan Qing, Masjid Agung Xian menggabungkan bentuk arsitektur tradisional Cina dengan fungsionalitas Islam.

Salah satu fitur penting dari Masjid Agung Xi’an adalah ukiran seluruh Al Quran pada panel kayu. Interior Masjid didekorasi dengan gaya tradisional Cina.

Tulisan arab dalam gaya Cina.

Masjid Huaisheng

Masjid Huaisheng yang juga dikenal sebagai Masjid Mercusuar adalah masjid utama Guangzhou. Dibangun kembali berkali-kali sepanjang sejarahnya, secara tradisional diperkirakan dibangun lebih dari 1.300 tahun yang lalu pada 627 menjadikannya salah satu masjid tertua di dunia.

Fitur yang paling tidak biasa dari Masjid Huaisheng adalah menara runcing setinggi 36 meter yang disebut Guangta atau Kwangtah yang berarti “Pagoda Biasa”, mengacu pada permukaannya yang tidak berhias, kadang juga diartikan sebagai ‘mercusuar’ sebagai nama lain dari masjid ini. Masjid Huaisheng secara tradisional bisa dikatakan dibangun pada 672 oleh Sa’ad ibn Abi Waqqas Radhiyallahu Anh’.

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...

Masjid Niujie

Masjid Niujie adalah masjid tertua di Beijing. Masjid ini pertama kali dibangun pada 996 M selama Dinasti Liao dan dibangun kembali serta diperbesar di bawah Kaisar Kangxi (memerintah 1661-1722 M) dari Dinasti Qing. Masjid ini mengikuti gaya arsitektur tradisional Cina.

Masjid Agung Shaanxi

Masjid Agung Shaanxi, juga dikenal sebagai Masjid Dongda, dibangun pada Dinasti Qing. Ini adalah masjid terbesar di Urumqi dan dapat menampung ribuan orang untuk beribadah pada waktu yang sama. Arsitektur masjid menggabungkan bentuk tradisional Cina dengan dekorasi Islami.

Green Mosque

Green Mosque  terletak di Turpan, ibukota provinsi XinJiang di daerah yang dikenal sebagai “Turpan Depression”, tempat terendah dan terpanas di Cina.

Masjid Agung Jinan Selatan

Masjid Agung Jinan Selatan

Masjid Agung Jinan Selatan adalah masjid tertua di kota Jinan. Didirikan selama dinasti Yuan pada 1295 M. Sebagian besar struktur saat ini didirikan selama dinasti Ming pada 1436 dan 1492 M. Gaya masjid ini mirip dengan kuil Cina.

Masjid Agung Hohhot

Masjid Agung Hohhot yang terletak di Distrik Huimin, Hohhot, Cina ini adalah masjid tertua dan terbesar di Mongolia Dalam. Dirancang dengan gaya arsitektur Arab dan Cina, Masjid ini dibangun pada 1693 oleh suku Hui, kemudian direnovasi pada 1789 dan 1923.

Masjid yang dirancang dengan gaya Cina dan Arab ini dibangun dengan batu bata hitam. Masjid ini mencakup area seluas 4.000 m2 dan memiliki satu menara dengan ketinggian 15 meter dan pemandian umum.

Masjid Bukui

Masjid Bukui di Qiqihar, Heilongjiang, dibangun pada masa Dinasti Qing dan terdaftar pada 2006 sebagai situs utama yang harus dilindungi nilai sejarah dan budayanya di tingkat nasional. Ini adalah masjid terbesar dan tertua di provinsi ini.

Masjid Agung HangZou

Masjid indah ini berada di Hangzhou, ibu kota Zhejiang. Masjid ini dibangun antara 2012 dan 2016 untuk memenuhi pertumbuhan populasi Muslim di kota ini.

Demikianlah masjid-masjid indah nan eksotik di dataran China. (ZarahAmala/Arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...