Media Keamanan Irak Klaim Hancurkan Tempat Persembunyian ‘Penting’ ISIS

Oleh:

|

Kategori:

ISIS terus melakukan serangan di seluruh Irak meskipun secara resmi dikalahkan pada tahun 2017. [Getty]

KIRKUK (Arrahmah.id) – Sebuah tempat persembunyian “penting” di Irak utara yang digunakan oleh militan ISIS menjadi puing-puing dalam serangan udara pekan ini, kata media keamanan Irak pada Rabu malam (7/12/2022).

Security Media Cell (SMC) – terkait dengan kantor perdana menteri Irak – mengumumkan bahwa pasukan keamanan menargetkan pusat ISIS di Kegubernuran Kirkuk, yang digunakan sebagai markas militan ISIS di Irak utara.

Di halaman Twitternya pada Rabu (7/12), SMC mengatakan “Komando Operasi Gabungan menghancurkan tempat persembunyian ISIS di pegunungan Hamrin dan membunuh sejumlah teroris, mengubah pangkalan menjadi puing-puing.” Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan.

Militan ISIS merebut kota-kota Irak dan mendeklarasikan kekhilafahan di sebagian besar wilayah di Suriah dan Irak pada 2014.

Kelompok itu secara resmi dinyatakan kalah di Irak pada akhir 2017 setelah pertempuran berdarah selama tiga tahun yang menyebabkan puluhan ribu orang tewas dan kota-kota hancur.

Sel-sel tidurnya terus mengobarkan pemberontakan tingkat rendah, melakukan serangan di berbagai bagian negara, termasuk penculikan dan pembunuhan warga sipil dan serangan terhadap pasukan keamanan. (zarahamala/arrahmah.id)