Melihat Masjid Dubrovnik, Rumah bagi Muslim di Kroasia

0 1

(Arrahmah.com) – Siapa sangka kalau di dalam Kota Tua Dubrovnik yang terkenal selalu ramai turis ada sebuah masjid yang nyempil di gang kota? Dari luar masjid Dubrovnik terlihat seperti apartemen biasa, tapi ternyata di dalamnya adalah rumah ibadah bagi 1.500 umat Islam Dubrovnik, Kroasia.

Sebanyak 1.500 Muslim tinggal di Dubrovnik, di mana 20 keluarga tinggal di dalam Kota Tua Dubrovnik. Dubrovnik adalah sebuah destinasi wisata di Kroasia yang sangat ngetop karena menjadi lokasi syuting Game of Thrones.

Kota ini dan seluruh Kroasia tak memiliki banyak penduduk yang memeluk Islam, meskipun letaknya sangat dekat dengan Bosnia-Herzegovina, negara Eropa yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam.

Meski hanya ada sedikit pemeluk Islam di Dubrovnik, kota ini sebenarnya telah lama bersinggungan dengan Islam. Dimulai di abad pertengahan saat Dubrovnik bermitra dengan kekaisaran Utsmaniyah Turki.

Umat Islam yang hendak pergi haji pun biasanya memulai perjalanan dari Dubrovnik. Umat Islam yang pertama menetap di Dubrovnik berasal dari Herzegovina. Mereka adalah pekerja dan pedagang yang bekerja membangun Pelabuhan Dubrovnik. Mereka kemudian menetap di Dubrovnik.

Umat Islam Dubrovnik kemudian membentuk komunitas atau majelis dan memutuskan untuk menyewa rumah sebagai tempat sholat.

Sempat beberapa kali pindah tempat, akhirnya pada 1964 komunitas Muslim Dubrovnik berhasil membeli sebuah apartemen di Jalan Miho Pracat, rumah nomor 3, di sebuah gang di tengah Kota Tua Dubrovnik. Masjid Dubrovnik berada di apartemen ini hingga sekarang.

Dari luar Masjid Dubrovnik terlihat seperti apartemen lainnya. Ciri yang menunjukkan adanya masjid adalah sebuah lampu gantung yang bergambar masjid berwarna hijau di tengahnya. Masjidnya sendiri berada di lantai 2 di dalam gedung 3 lantai ini.

Saat masuk, bagian depan masjid terlihat seperti rumah pada umumnya, tapi kemudian melebar membentuk area sholat. Masjid Dubrovnik terdiri dari beberapa ruangan, yaitu area sholat, kantor, perpustakaan, dan klub remaja. Masjid bisa dikunjungi dari jam 10 pagi hingga jam 1 siang.

Sumber: Okezone

(*/Arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah