Militer AS Tewas dalam Serangan Mujahidin Taliban

Oleh:

|

Kategori:

Kandahar, Afghanistan (Arrahmah.com) – Lima kendaraan termasuk tiga truk hancur dalam serangan yang dilancarkan oleh mujahidin Taliban ke atas konvoi militer NATO, Selasa (14/8/2007).

Seorang petugas dari perusahaan keamanan swasta AS juga tewas dalam serangan itu, kata komandan polisi Kandahar Sayed Agha Saqeb kepada AFP.

Serangan itu terjadi di distrik Zhari, utara kota Kandahar, yang selalu menjadi ajang bantrokan senjata antara Mujahidin Taliban dan pasukan.

Kandahar adalah tempat lahirnya gerakan perjuangan Taliban yang berkuasa tahun 1996 dan katanya digulingkan tahun 2001 oleh pasukan koalisi pimpinan AS.

Ghazni menjadi berita utama suratkabar-suratkabar sejak penculikan 23 misionaris Korea Selatan 19 Juli. Dua orang dari mereka telah dibebaskan, Senin. Dua lainnya ditembak mati oleh mujahidin Taliban bulan lalu.

Mujahidin Taliban menuntut pembebasan dari penjara sejumlah pejuang mereka untuk ditukarkan dengan para sandera tapi pemerintah menolak tuntutan itu.

Pemberontakan yang didukung Al Qaeda dan Taliban meningkat tahun ini, kendatipun usaha-usaha hampir 50.000 tentara internasional yang bekerjsama dengan pasukan keamanan Afghanistan untuk menghakhiri aksi perlawanan itu.