Nutrisi untuk Mencegah Penularan COVID-19

(Arrahmah.com) – Komponen sistem kekebalan tubuh terdiri dari berbagai sel, protein, jaringan, dan organ. Tiap komponen ini saling bekerja sama untuk melawan patogen (bibit penyakit) yang masuk ke tubuh, baik berupa bakteri, parasit, atau virus seperti coronavirus.

Sistem kekebalan tubuh melawan infeksi coronavirus dengan cara membentuk antibodi. Antibodi merupakan protein khusus yang bisa berikatan dengan protein pada patogen. Setelah berikatan, antibodi bisa membunuh patogen sehingga tubuh pulih dari penyakit.

Namun, coronavirus tentu lebih sulit dilawan bila sistem kekebalan tubuh lemah. Salah satu faktor yang memengaruhi sistem ini adalah nutrisi. Asupan nutrisi yang tepat akan memperkuat fungsi sistem imun sehingga tubuh mampu mencegah infeksi virus dengan lebih efektif.

Apabila sistem kekebalan tubuh Anda cukup kuat, tiap komponen di dalamnya dapat membentuk antibodi yang sama kuatnya. Antibodi tersebut kemudian akan membunuh coronavirus di dalam tubuh dan mencegahnya agar tidak menimbulkan penyakit.

Nutrisi yang dibutuhkan guna mencegah penularan coronavirus penyebab COVID-19 sebenarnya sama dengan nutrisi yang Anda perlukan untuk mencegah flu.

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi bagi sel-sel sistem kekebalan tubuh. Karbohidrat yang Anda konsumsi akan diubah menjadi energi dalam proses yang disebut glikolisis. Selain menghasilkan energi, proses ini juga mendukung produksi sel-sel limfosit.

Limfosit berfungsi mengenali protein pada permukaan patogen, membentuk antibodi, dan membunuh patogen yang menimbulkan kerusakan pada jaringan tubuh. Saat tubuh terpapar coronavirus, sel-sel inilah yang bereaksi pertama kali.

2 Protein dan Asam Amino

Nutrisi paling penting untuk mencegah penularan coronavirus tentu melibatkan protein. Pasalnya, protein adalah bahan terpenting untuk membentuk sel-sel kekebalan tubuh. Kekurangan protein akan meningkatkan risiko seseorang terinfeksi penyakit.

Selain protein, sistem kekebalan tubuh juga membutuhkan asam amino berupa arginine dan glutamine. Asam amino adalah senyawa terkecil yang membentuk protein. Kedua senyawa ini diperlukan untuk proses pembentukan limfosit.

3. Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral adalah dua nutrisi yang tidak boleh ketinggalan dalam mencegah penularan coronavirus. Fungsi vitamin adalah menjaga sel-sel kekebalan tubuh bekerja dengan normal. Jenis vitamin yang Anda perlukan antara lain vitamin A, C, E, serta B kompleks.

Contoh mineral yang dibutuhkan seperti selenium, zinc, dan zat besi. Selenium menjaga kekuatan sel dan mencegah kerusakan DNA, zinc memicu respons kekebalan tubuh, sedangkan zat besi membantu penyerapan vitamin C.

Guna membentuk sistem kekebalan tubuh yang kuat, selain mengonsumsi vitamin C, Anda pun memerlukan kombinasi gabungan beberapa vitamin dan mineral.

4. Antioksidan

Antioksidan adalah berbagai senyawa yang dapat menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel kekebalan tubuh dari kerusakan. Dengan nutrisi yang satu ini, sistem imun bisa berfungsi secara optimal dan membantu mencegah infeksi coronavirus.

Anda dapat memperoleh antioksidan dalam bentuk vitamin E, C, D, atau beta-karoten yang merupakan bahan baku vitamin A. Selain vitamin, Anda pun bisa memperolehnya dari senyawa flavonoid dan likopen yang banyak terdapat pada sayur serta buah.

Sumber: hallosehat.com

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah