Pakistan Luncurkan Kampanye Antipolio untuk 44,2 Juta Balita

Oleh:

|

Kategori:

,

Seorang petugas polisi berjaga saat petugas kesehatan memberikan vaksin polio kepada seorang anak di Peshawar, Pakistan, pada 5 Desember 2022. [Foto : AP/Muhammad Sajjad]

ISLAMABAD (Arrahmah.id) — Pemerintah Pakistan pada Ahad (15/1/2023) waktu setempat meluncurkan kampanye antipolio pertamanya tahun ini. Sebanyak 44,2 juta anak di bawah usia lima tahun ditargetkan menerima imunisasi polio.

Pakistan dan Afghanistan adalah dua negara di dunia di mana polio terus mengancam kesehatan dan kesejahteraan anak-anak. Polio memengaruhi sistem saraf anak-anak dan akhirnya menyebabkan kelumpuhan.

Perdana Menteri Pakistan Shahbaz Sharif mengatakan, Pakistan termasuk di antara sedikit negara yang masih menderita penyakit tersebut. Ia memulai kampanye nasional dengan memberikan obat tetes polio kepada anak-anak di ibu kota, Islamabad.

“(Sebanyak) 20 kasus dilaporkan terjadi di daerah kesukuan Waziristan Utara tahun lalu meskipun penyakit itu dapat diatasi di antara anak-anak lain melalui imunisasi,” kata Sharif, seperti dilansir Al Jazeera (16/1).

Sekitar 44 juta anak di 156 kabupaten akan diimunisasi polio. Ini termasuk 22,54 juta anak di Punjab, 10,1 juta di Sindh, dan 7,4 juta di provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Sharif mengatakan, pemerintahnya bersama pemangku kepentingan lainnya, termasuk miliarder AS Bill Gates dan Organisasi Kesehatan Dunia, secara efektif berkontribusi terhadap pemberantasan polio di Pakistan.

Dia memberikan sertifikat penghargaan saat peluncuran kepada pekerja polio garis depan dan memuji pengorbanan mereka yang tak ternilai. (hanoum/arrahmah.id)

 

 

Komentar