Pasukan Udara AS Bombardir Baghdad Selatan

Oleh:

|

Kategori:

Baghdad (arrahmah) – Pesawat-pesawat pembom AS menjatuhkan 40 ribu pon bom ke sasaran yang disangka sebagai pangkalan Al Qaeda di daerah pinggiran selatan Baghdad dalam serangan 10 menit, Kamis, kata militer AS.

Serangan oleh pembom-pembom B-1 dan pesawat-pesawat tempur F-16 terhadap desa Arab Jabour adalah bagian dari operasi dengan nama sandi Phantom Phoenix, yang dilakukan pasukan AS dan Irak, Selasa.

“Tigapuluh delapan bom dijatuhkan dalam 10 menit, dengan berat seluruhnya 40 ribu pon,” kata sebuah pernyataan militer AS.

“Angkatan Udara mengerahkan dua Pembom B-1 dan empat jet tempur F-16, yang ditujukan ke tiga daerah sasaran besar. Masing-masing pembom menjatuhkan bom dua kali dan pesawat-pesawat F-16 melengkapi serangan itu.”

Pernyataan tersebut tidak merinci tentang korban.

Pemboman-pemboman itu dilakukan saat pasukan darat dari Tim Tempur Brigade II, Divisi Infantri III mendekati daerah itu, kata pernyataan tersebut.

Sembilan tentara AS dilaporkan tewas dalam dua hari pertama operasi Phantom Phoenix termasuk enam yang tewas akibat satu ledakan ketika mereka memasuki sebuah rumah yang menyimpan bom di provinsi Diyala, Rabu. (fad/bs/arrahmah.com)