Pemimpin ISIS di Somalia Tewas Dalam Serangan Pemerintah Setempat

Oleh:

|

Kategori:

Pemimpin senior ISIS di Putland Abu-Albara Al Amania. [Foto: Addis Standard]

GAROWE (Arrahmah.id) — Kepolisian Daerah Puntland mengumumkan bahwa seorang pemimpin senior kelompok militan Islamic State (ISIS) bernama Abu-Albara Al Amani tewas dalam serangan di wilayah Bari pada Kamis (12/1/2023) malam.

Menurut Polisi Puntland, dilansir Hiiraan (13/1), pasukan keamanan memukul mundur serangan ISIS di pangkalan militer di daerah Balidhidhin, di mana pemimpin operasi kelompok militan itu, Abu-Albara Al Amani, tewas.

Pernyataan itu menambahkan bahwa Abu-Albara Al Amani berasal dari wilayah Amhara Ethiopia dan bertanggung jawab atas beberapa orang Ethiopia untuk bergabung dengan kelompok ISIS yang berperang di wilayah Puntland.

Media lokal melaporkan bahwa dua anggota ISIS lainnya dan seorang tentara Puntland tewas dalam serangan desa Balidhidhin. Namun, negara regional tidak menyebutkan adanya korban di pihak mereka.

Puntland sebelumnya menyatakan bahwa pasukannya membunuh pemimpin operasi ISIS, Abu Walid Al-Muhajir, setelah terluka dalam penyisiran yang dilakukan oleh pasukan keamanan Puntland di dekat pegunungan Almiskad.

Pejabat Puntland mengatakan bahwa setelah pembunuhan Abu Walid Al-Muhajir, ISIS menunjuk Abu Albara sebagai pemimpin pada Juli 2021, yang juga terbunuh dalam operasi terbaru pada tanggal 12 bulan ini.

ISIS mendirikan pijakan di pegunungan Galgala di Puntland pada tahun 2015. Kelompok ini dipimpin oleh ulama yang berbasis di Inggris, Abdulkadir Mumin.

Sejak saat itu, kelompok tersebut membuat kemajuan terbatas ke wilayah selatan-tengah negara itu, termasuk ibu kota Mogadishu, tetapi menghadapi perlawanan keras dari kelompok militan Asy Syabaab. (hanoum/arrahmah.id)