Perusakan Mesjid Turut Warnai Idul Adha di Serbia-Bosnia

Oleh:

|

Kategori:

FAZLAGICA (Arrahmah.com) – Di saat ketika umat Muslim bersukacita dan khusuk merayakan hari raya Idul Adha 1429 H, umat Muslim Bosnia justru sedikit terkejutkan oleh perusakan dan penyerangan mesjid di wilayah Serbia-Bosnia yang dipicu oleh isu Rasisme.

Sebagaimana dikutip Islamonline (10/12) mengabarkan, peristiwa pengrusakan mesjid tersebut terjadi di wilayah Fazlagika Kola di Tenggara Serbia-Bosnia yang dihuni oleh mayoritas etnis Serbia, dan terjadi beberapa saat sebelum pelaksanaan shalat hari raya Idul Adha.

Sumber keamanan Bosnia yang dikutip oleh kantor berita Reuters menyebutkan, bahwa “sekolompok orang tak dikenal tiba-tiba saja datang menyerbu dan merusak mesjid tersebut, beberapa jam sebelum dilaksakannya shalat Id.”

“Sebab aksi tersebut, hampir semua bagian dalam mesjid rusak parah, kecuali menaranya saja,” tambah sumber tersebut.

Aksi tersebut segera menuai kecaman dari umat Muslim Bosnia. Mufti Agung Bosnia, Syeikh Musthafa Cerich, mengatakan jika aksi tersebut sebagai “aksi terorisme yang ditujukan kepada umat Muslim yang dikhawatirkan terus menyebar di negeri Serbia”.  [Hanin Mazaya/hidayatullah]