Serang Pangkalan Militer, Asy Syabaab Tewaskan 117 Tentara Somalia

Oleh:

|

Kategori:

Anggota kelompok militan Ay Syabaab melakukan latihan militer di daerah Lafofe Somalia selatan Mogadishu pada tahun 2011. [Foto : Farah Abdi Warsameh/AP]

MOGADISHU (Arrahmah.id) — Kelompok militan Asy Syabaab mengklaim tewaskan 117 tentara Somali setelah menyerang pangkalan militer Somalia dan milisi di pinggiran distrik Buulaburte, Hiran, pada Rabu (12/10/2022)

Serangan itu dimulai secara bersamaan di dua kamp di Yasooman dan satu lagi di daerah yang dikenal sebagai Beera-Yabaal.

Komandan Asy Syabaab mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa setelah pertempuran sengit, pasukan mereka mampu mengambil alih kamp dan menginjak-injak pasukan di sana.

“Dengan izin Allah, pasukan Mujahidin pagi ini menyerang tiga pangkalan di daerah Yasooman dan Beera-Yabaal di pinggiran distrik Bulaburte. Dalam operasi itu, Mujahidin, dengan izin Allah, menewaskan sedikitnya 117 tentara. Kami juga menjarah senjata, kendaraan dan perlengkapan militer,” kata juru bicara Asy Shabaab, Sheikh Abdul Aziz Abu Musab, seperti dikutip dari Somali Memo (12/10).

Dia melanjutkan dengan mengatakan: “Mujahidin menjarah 9 kendaraan militer. Kami juga membakar 6 kendaraan. Daerah itu sekarang berada di bawah kendali tentara Mujahidin.”

Pertempuran yang terjadi hari ini di wilayah Yasooman dan Beera-Yabaal mengikuti enam operasi yang diluncurkan oleh pasukan Asy Syabaab di timur Hiran, yang merebut kembali kota-kota seperti Moqokori, Tardo, Nur-Fanax, Ali Ganey dan Booco. (hanoum/arrahmah.id)