Seratus Warga Uighur Melakukan Pelatihan Militer di Turki

Oleh:

|

Kategori:

Anggota kelompok militan TIP di Suriah, pada pertengahan tahun 2019. [Foto : Long War Journal]

IDLIB (Arrahmah.id) — Sekitar 100 orang warga Uighur dari kelompok militan Partai Islam Turkistan (TIP) yang ada di Idlib mendapatkan pelatihan militer di Turki. Pelatihan terjdi setelah mendapatkan berkoordinasi dengan intelijen Turki.

Sebuah sumber dari kelompok perlawanan Suriah Hai’ah Tahrir asy Syam (HTS) mengatakan, sebagaimana dikutup dari North Press Agency (11/1/2023), bahwa TIP telah berkoordinasi dengan intelijen Turki untuk melatih 100 anggotanya selama hampir enam bulan di wilayah Turki. Namun, sumber itu tidak merinci alasan peluncuran pelatihan di kamp-kamp khusus di Turki.

Ia juga menambahkan bahwa TIP mengirim kelompok lain sekitar 80 warga Uighur dua bulan lalu, tetapi kelompok ini belum kembali lagi ke Idlib.

TIP memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Turki karena para militannya awalnya adalah kelompok salafi jihadis Uyghur yang hanya merekrut orang Turkmenistan ke dalam jajarannya.

Kelompok ini beroperasi di pedesaan barat Idlib (di Jisr al-Shughur dan pedesaannya), utara Idlib, dan di daerah-daerah di Latakia.(hanoum/arrahmah.id)