Taliban Pakistan Akhiri Perjanjian Gencatan Senjata, Perintahkan Serangan Nasional

Oleh:

|

Kategori:

Tehreek-e-Taliban Pakistan adalah entitas yang terpisah dari Taliban di Afghanistan tetapi memiliki ideologi Islam yang serupa. [Getty]

ISLAMABAD (Arrahmah.id) – Taliban Pakistan mengatakan pada Senin (28/11/2022) bahwa mereka telah membatalkan gencatan senjata yang disepakati dengan pemerintah pada Juni dan memerintahkan para pejuang untuk melakukan serangan di seluruh negeri.

Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), entitas terpisah dari Taliban di Afghanistan tetapi berbagi ideologi Islam yang serupa, bertanggung jawab atas sejumlah serangan kekerasan dan ratusan kematian di seluruh Pakistan sejak muncul pada 2007.

“Karena operasi militer sedang berlangsung melawan mujahidin di berbagai wilayah, jadi penting bagi Anda untuk melakukan serangan di mana pun Anda bisa di seluruh negeri,” katanya dalam sebuah pernyataan.

TTP menguasai sebagian besar wilayah suku Pakistan yang keras untuk sementara waktu, memaksakan penerapan hukum Islam.

Pejuangnya sebagian besar diusir dari Pakistan ke negara tetangga Afghanistan sejak 2010 tetapi mereka menemukan keberanian oleh kembalinya Taliban Afghanistan ke tampuk kekuasaan di Kabul.

TTP menyetujui gencatan senjata dengan pemerintah Pakistan pada Juni tetapi kedua belah pihak telah berulang kali mengklaim bahwa gencatan senjata itu diabaikan dan telah terjadi banyak bentrokan. (zarahamala/arrahmah.id)