Taliban Perkenalkan Supercar Pertama Afghanistan

Oleh:

|

Kategori:

,

KABUL (Arrahmah.id) — Pemerintahan Taliban memperkenalkan supercar pertama yang dirancang dan dibangun di Afghanistan. Supercar yang dinamai Mada-9 ini merupakan buah hasil dari 30 insinyur dari ENTOP dan Institut Kejuruan Teknis Afghanistan (ATVI) Kabul.

Dilansir The Telegraph (11/1/2023), pembuatan Mada-9 yang ditenagai mesin Toyota Corolla ini memakan waktu lima tahun.

Zabiullah Mujahid, juru bicara resmi Taliban, mengatakan pembangunannya merupakan kehormatan bagi seluruh negeri dan para pejabat Taliban akan sepenuhnya mendukung proyek itu.

Kepala ATVI Ghulam Haidar Shahamat mengatakan kepada kantor berita lokal bahwa mesin telah dimodifikasi tetapi tim di belakang mobil tersebut mengatakan bahwa mereka terinspirasi bodywork mobil Bugatti.

Tim di belakang kendaraan tersebut juga mengatakan bahwa mereka ingin membuktikan bahwa Afghanistan bukan hanya dikenal perang saja, melainkan karena teknologinya.

“Suatu hari nanti mungkin akan go internasional,” harap Mohammad Riza Ahmadi, salah satu anggota tim desainer mobil, kepada Tolo News.

Dia berharap dapat memamerkan kendaraan tersebut di pameran Doha dan nantinya akan disesuaikan dengan menggunakan mesin listrik. (hanoum/arrahmah.id)