Untuk Kamu Yang Malas Berolahraga

(Arrahmah.com) – Tidak semua orang bisa menemukan keseruan dalam berolahraga. Ada sebagian orang yang tidak merasa olahraga adalah hal yang diperlukan di dalam kesehariannya. Atau awalnya sudah semangat untuk berolahraga, tapi begitu tiba hari pelaksanaannya, rasanya malas sekali untuk melakukannya. Ada saja alasan atau godaan yang bikin enggan berolahraga. Tentu banyak yang mengalamai hal seperti ini.

Masih banyak orang yang malas berolahraga meskipun sudah tahu bahwa olahraga baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena olahraga seringkali dianggap sebagai aktivitas yang sulit dan melelahkan. Memang diperlukan niat yang kuat untuk bisa memulai olahraga secara rutin. Berikut tips agar memudahkan kamu untuk berolahraga.

(1). Mulai dengan Durasi 10 Detik

Mungkin kamu langsung malas saat melihat durasi workout yang minimal 10 menit. Nah, ada cara mudah untuk kamu.

Mulailah dengan 10 detik. Lakukan push up selama 10 detik, atau sit up selama 10 detik. Karena bergerak selama 10 detik akan lebih baik dibanding tidak bergerak sedikit.

Jika telah melakukannya secara rutin dan merasa 10 detik jadi terlalu mudah, kamu bisa menambahkan durasinya.

(2). Sempatkan Berdiri Setiap 1 Jam

Duduk santai di sofa atau rebahan di kasur memang sangat menggoda. Namun jika terlalu lama berada di satu posisi yang sama, tidak baik bagi kesehatan.

Tak perlu berolahraga, cukup sempatkan berdiri setiap 1 jam. Dengan usaha berdiri dari tidur atau duduk, kamu bisa membantu tubuh tetap fit.

Setelah berdiri, kamu bisa berjalan sebentar keliling rumah, atau setidaknya membuat teh sebelum akhirnya duduk kembali.

(3). Berjalan Setidaknya 20 Menit Sehari

Saat ini, sudah banyak jam yang bisa menghitung langkah kaki beserta durasinya. Kamu bisa menggunakan jam tersebut untuk melihat apakah waktu berjalan kamu sudah cukup.

Waktu ideal berjalan kaki setiap hari adalah 20 menit. Dengan begitu, kesehatan kamu bisa lebih terjaga dan tubuh lebih fit.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

(4). Pastikan Istirahat yang Cukup

Rajin olahraga bukan satu-satunya kunci menjadi sehat. Namun, tidur cukup juga tak kalah penting.

Usahakan untuk memiliki waktu tidur yang cukup di setiap harinya. Salah satu tips mudah untuk tidur cukup adalah dengan menjauhkan diri dari gadget.

Taruh ponsel atau tab jauh dari kasur dan kamu pun bisa lebih cepat terlelap.

(5). Usahakan untuk Bergerak Setiap Harinya

Tak perlu workout berlebihan, kamu bisa menyempatkan diri lari di pagi atau sore hari pun sudah bagus. Yang paling penting adalah rutin.

Berolahraga gila-gilaan seminggu sekali akan kalah dengan berjalan kaki santai setiap hari. Jadi, pastikan untuk selalu aktif bergerak semampu kamu di setiap harinya.

(6). Cari Alasan untuk Memotivasi Diri

Salah satu yang bikin seseorang jadi malas berolahraga adalah karena tidak punya motivasi. Jadi, pikirkanlah segala keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari berolahraga dan jadikan hal-hal tersebut sebagai motivasi diri. Misalnya, dengan berolahraga rasa nyeri di tubuh yang sering kamu alami bisa hilang, kamu pun juga bisa mengurangi berat badan dan memiliki tubuh yang lebih indah dengan berolahraga. Kalau kamu lagi merasa stres, olahraga bisa jadi solusi terbaik juga.

Tetap semangat dan aktif bergerak ya…

Sumber: Gampong Jeulingke

(*/Arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah