Uskup Agung Inggris: AS, Simbol Imperialis Terburuk di Dunia

Oleh:

|

Kategori:

London (armnews) – Situs Koran Times, terbitan London mengutip Kepala Gereja Anglikan, Canterbury  yang menyatakan Amerika  merupakan simbul imperialis terburuk dalam sejarah.

Uskup Agung Rowan Williams, Kepala Gereja Anglikan dari Canterbury menyatakan bahwa AS dengan menerapkan politik intervensi dan radikal di dunia merupakan simbul imperialis yang paling buruk dalam sejarah.

Menurut Situs Koran Times, terbitan London, Williams dalam wawancara dengan Koran Amal milik warga Muslim di Inggris mengkritik keras politik imprealisme AS, dengan mengatakan, “Negara ini menggunakan kekuatannya yang secara bertahap mencapai puncak politik imperialisme dan penjajahan, yang lebih parah dari penjajahan Inggris terhadap India.

“Dikatakan pula, hal ini merupakan asumsi yang salah, dengan berpikir bahwa kekerasan dapat menyelesaikan problema di sebuah negara dan melakukan apa saja di sana, lalu menantikan dukungan rakyat. Langkah ini merupakan kekeliruan yang dilakukan oleh AS di Iraq.”

Lebih lanjut, Kepala Gereja Anglikan ini menuturkan, “Perilaku AS dan penyimpangan yang dilakukan negara ini dalam melaksanakan tugas yang digembar-gemborkan malah menimbulkan krisis dunia dan mengabaikan nilai-nilai moral.”

Dalam kesempatan tersebut, Williams mengkritik masyarakat Barat dengan mengatakan, definisi kemanusiaan oleh Barat menghilangkan subtansi kemanusiaan yang sebenarnya. Modernisasi Barat telah kehilangan spiritnya.

Sumber: Hidayatullah