Kilang minyak di Suriah utara dihantam rudal

0 248

DAMASKUS (Arrahmah.com) – Serangkaian serangan rudal di dekat fasilitas minyak menyulut api besar di Suriah utara dekat perbatasan Turki dan menewaskan satu orang pada Jumat (5/3/2021).

Ledakan mengguncang kilang minyak di dekat kota al-Bab dan Jarablus dan memicu kebakaran besar, lapor kantor berita Anadolu.

Sebuah sumber dari militer Turki, yang mengontrol petak-petak Suriah barat laut tempat pasukan Turki berada, menuturkan serangan rudal telah menyebabkan ledakan itu, yang juga melukai 11 orang.

Anadolu mengatakan itu adalah rudal balistik dan tidak jelas siapa yang melakukan serangan itu.

Di Suriah, Rusia adalah pendukung utama pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Asad sementara Turki mendukung segelintir faksi oposisi.

Turki telah melakukan tiga serangan besar ke timur laut Suriah sejak 2016 untuk mengusir pejuang Kurdi dan kelompok bersenjata ISIL (ISIS) dari daerah perbatasan.

Pada tahun 2019, Turki mengirim pasukan untuk mengusir pejuang Kurdi Suriah yang dianggap “teroris” dari daerah tersebut dan untuk menciptakan “zona aman” memukimkan kembali para pengungsi.

Turki menghentikan serangan tersebut menyusul kesepakatan terpisah dengan Amerika Serikat dan Rusia yang menjanjikan penarikan milisi Kurdi. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya