Houtsi tolak gencatan senjata usulan AS

0 256

SANAA (Arrahmah.com) – Pemberontak Houtsi yang didukung Iran di Yaman mengumumkan bahwa mereka mengesampingkan rencana gencatan senjata AS, menggambarkannya sebagai plot untuk menempatkan negara yang lelah perang itu dalam situasi yang lebih berbahaya.

Juru bicara Houtsi Mohammed Abdul-Salam mengomentari rencana oleh Timothy Lenderking, utusan khusus AS untuk Yaman, dan mengatakan tidak ada yang baru tentang proposal tersebut dan itu mencerminkan sudut pandang Arab Saudi dan PBB, menurut laporan oleh Al- Masirah TV, Sabtu (13/3/2021).

Dengan alasan bahwa proposal tersebut adalah spiral yang akan mengembalikan blokade melalui sarana diplomatik, dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa rencana AS adalah konspirasi.

Abdul-Salam lebih lanjut mengatakan Houtsi dengan senang hati akan mengakui kesepakatan gencatan senjata jika AS serius untuk mengakhiri serangan dan blokade.

Pada 22 Februari, Lenderking memulai tur Teluk, di mana dia diproyeksikan untuk menghubungi pejabat pemerintah tingkat tinggi untuk mencari solusi atas krisis di Yaman. Dia dilaporkan bertemu Abdul-Salam pada 26 Februari di Oman.

Yaman telah dilanda kekerasan dan ketidakstabilan sejak 2014, ketika pemberontak Houthi menguasai sebagian besar negara, termasuk ibu kota, Sanaa. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya