Sepasang roket bidik markas AS di bandara Baghdad

0 0

BAGHDAD (Arrahmah.com) – Dua roket menargetkan pangkalan di bandara Baghdad Irak yang menampung pasukan koalisi pimpinan AS dalam serangan kedua dalam 10 hari.

Salah satu proyektil dicegat oleh sistem roket, artileri dan mortir C-RAM yang dikerahkan untuk melindungi pasukan Amerika di Irak, kata sumber keamanan kepada kantor berita AFP, Senin (3/5/2021). Tidak ada klaim tanggung jawab langsung atas serangan itu.

Pejabat keamanan mengatakan roket diluncurkan dari daerah dekat bandara.

Washington secara rutin menyalahkan faksi-faksi Irak yang terkait dengan Iran atas serangan semacam itu terhadap pasukan dan diplomatnya.

Teheran dan Washington sama-sama telah hadir di Irak sejak 2003. Saat itu, 2.500 tentara AS masih dikerahkan di sana.

Pekan lalu, tiga roket menabrak sektor pangkalan bandara Baghdad yang diduduki oleh pasukan Irak, melukai seorang tentara.

Hampir 30 serangan roket atau bom menargetkan kepentingan AS di Irak – termasuk pasukan, kedutaan atau konvoi pasokan Irak ke pasukan asing – sejak Presiden AS Joe Biden menjabat pada Januari.

Dua kontraktor asing, satu kontraktor Irak, dan delapan warga sipil Irak tewas dalam serangan itu.

Serangan itu terjadi di saat-saat sensitif ketika Iran terlibat dalam pembicaraan dengan kekuatan dunia yang bertujuan membawa AS kembali ke kesepakatan nuklir 2015.

Baghdad bulan lalu dilaporkan menjadi tuan rumah pertemuan rahasia para pejabat senior dari Teheran dan sekutu AS, Arab Saudi.

Irak, terjepit di antara tetangganya di timur Iran dan Arab Saudi di selatan, telah bekerja untuk menjadi penengah. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah