Komunitas Uighur Sesalkan OKI Fasilitasi Cina dalam Pertemuan Dewan Menteri

0

ISLAMABAD (Arrahmah.id) — Kehadiran Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi di Dewan Menteri Luar Negeri Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang berlangsung pada Selasa-Rabu (22-23 Maret) di Islamabad, Pakistan disesalkan Kongres Uighur Sedunia (WUC).

Dalam rilisnya, WUC mengungkapkan keprihatinan mendalam atas kabar tersebut. Mereka menilai, kehadiran Wang di Dewan OKI merusak kredibilitas dan kedudukan internasional organisasi tersebut.

“Kehadiran perwakilan pemerintah China di Dewan Menteri Luar Negeri OKI mendatang mencerminkan pengaruh koersif China di antara pemerintah mayoritas Muslim,” kata Presiden WUC, Dolkun Isa, dikutip Middle East Monitor (23/3/2022).

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

“Jika OKI berusaha untuk menjadi suara yang dapat dipercaya dari dunia Muslim, ia tidak dapat terus menutup mata terhadap penderitaan jutaan Uighur dan Muslim Turki lainnya di Turkistan Timur,” lanjutnya.

Salah satu item agenda utama Dewan yang akan datang adalah penyerahan laporan berkala Observatorium Islamofobia OKI untuk tahun 2021, di mana ia memantau wacana, kebijakan, dan insiden anti-Muslim di seluruh dunia.

Meskipun demikian, dalam pengumuman laporan berkala di situsnya, OKI tidak menyebutkan tentang dugaan adanya kejahatan kekejaman Republik Rakyat Cina (RRC) yang menargetkan Uighur dan Muslim Turki lainnya di Turkistan Timur. (hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah