IRGC tunjuk komandan baru yang bertanggung jawab melindungi Khamenei

0

TEHERAN (Arrahmah.id) – Garda Revolusi Iran (IRGC) pada Sabtu menunjuk komandan baru untuk unit yang bertanggung jawab melindungi pemimpin tertinggi negara itu, media pemerintah melaporkan, beberapa hari setelah IRGC mengganti kepala intelijennya.

Komandan IRGC Hossein Salami menunjuk Hasan Mashroueifar sebagai komandan baru unit “Vali Amr”, kantor berita Tasnim melaporkan, mengutip juru bicara IRGC Ramezan Sharif.

Unit ini bertanggung jawab untuk melindungi otoritas tertinggi Iran, Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei.

Mashroueifar, yang tidak banyak diketahui orang, menggantikan Ebrahim Jabbari, yang memimpin unit tersebut sejak 2010. Sharif tidak merinci apakah Jabbari telah diberi peran baru.

Penggantian Jabbari terjadi beberapa hari setelah IRGC menggantikan Hossein Taeb, seorang pejabat berpengaruh yang telah menjabat sebagai kepala Organisasi Intelijen IRGC sejak 2009.

Pemecatan mengejutkan terhadap Taeb terjadi setelah serangkaian pembunuhan dan kematian misterius anggota IRGC serta individu lain yang terkait dengan militer Iran selama beberapa minggu terakhir.

Waktu yang berdekatan dari pemecatan Jabbari dan Taeb, yang keduanya menjabat di posisi mereka selama lebih dari satu dekade, akan menimbulkan pertanyaan. Jabbari sempat menjabat sebagai wakil Taeb ketika Taeb memimpin Basij – cabang paramiliter IRGC – pada tahun 2009.  (haninmazaya/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel