Lima Warga Iran Tewas Usai Serangan Penembakan pada Demonstran

0

KHUZESTAN (Arrahmah.id) — Lima orang tewas saat unjuk rasa di Khuzestan barat daya Iran. Kelima orang itu tewas dalam penembakan oleh terduga teroris, kata seorang pejabat yang tidak ingin disebutkan namanya.

“Unsur bersenjata dan teroris” dengan dua sepeda motor tiba di pasar pusat di kota Izeh dan menembaki pengunjuk rasa dan pasukan keamanan di sana, menyebabkan lima orang tewas dan sedikitnya 10 orang terluka, seperti dilansir AFP (17/11/2022).

Valiollah Hayati, wakil gubernur Khuzestan, mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa para pelaku menyerang pada pukul 17:30 menggunakan senjata otomatis.

Korban tewas termasuk tiga pria, seorang wanita dan seorang gadis, katanya.

Beberapa yang terluka berada dalam kondisi serius, kata Hayati. Dia menambahkan bahwa petugas polisi termasuk di antara yang terluka.

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...

Situasi sekarang tenang dan pencarian para pelaku sedang dilakukan, tambahnya.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan yang dilaporkan itu.

Pada tanggal 26 Oktober, setidaknya 13 orang tewas dalam serangan kelompok bersenjata yang diklaim oleh kelompok militan Islamic State (ISIS) di makam Shah Cheragh di Shiraz, menurut jumlah resmi.

Iran telah dicengkeram oleh protes – digambarkan sebagai “kerusuhan” oleh pihak berwenang – sejak 16 September kematian Mahsa Amini, tiga hari setelah penangkapannya oleh polisi moralitas karena dugaan pelanggaran kode pakaian Iran untuk wanita.

Demonstrasi tersebut telah menyaksikan bentrokan yang telah menewaskan puluhan orang – terutama pengunjuk rasa, tetapi juga anggota pasukan keamanan – selama dua bulan terakhir, menurut pihak berwenang. (hanoum/arrahmah.id)

 

 

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...