Pengamat: Jokowi harusnya jamin kebutuhan pangan masyarakat, bukan sekadar bagi-bagi sembako

374

JAKARTA (Arrahmah.com) – Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (Lima), Ray Rangkuti mengatakan aksi bagi-bagi paket sembako di jalan yang dilakukan Presiden Joko Widodo seharusnya bisa lebih ditingkatkan mutunya dan memiliki implikasi besar.

“Yakni membuat kebijakan yang memastikan bahwa pandemik ini akan berlalu, dan masyarakat kita mendapat jaminan pangan selama pandemik ini berlangsung,” kata Ray, sebagaimana dilansir RMOL, Senin (13/4/2020).

Ray menegaskan, lompatan kebijakan inilah yang sedang ditunggu masyarakat Indonesia sampai hari ini. Karena berbagai kebijakan yang telah ditetapkan oleh presiden seperti belum terlihat implikasinya di tengah masyarakat.

“Salah satunya soal masih minimnya APD untuk para tenaga medis dan rapid test yang dinilai banyak orang masih jauh dari jumlah ideal,” terang Ray.

Di sisi lain, terang Ray, kesenangan membagi-bagikan hadiah kepada masyarakat secara langsung di tengah pandemik ini sangat rentan menimbulkan kerumunan dan pengumpulan orang.

Belum lagi, ujar Ray, masyarakat bakal keluar rumah jika mendapat informasi bahwa presiden akan melewati jalan umum mereka.

“Saat yang sama juga, kegiatan ini dapat mengundang risiko kepada Presiden sendiri. Kita tidak tahu status para penerima, apakah sehat atau sedang mengalami sakit,” ujar Ray

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya