Turki-Rusia diskusikan soal teknis kesepakatan damai Nagorno-Karabakh

399

ANKARA (Arrahmah.com) – Pembicaraan teknis antara delegasi militer Turki dan Rusia telah diselesaikan, Kementerian Pertahanan Turki mengatakan Sabtu (14/11/2020) dalam sebuah pernyataan sehubungan dengan kesepakatan damai Nagorno-Karabakh. Pembicaraan itu direncanakan untuk dilanjutkan dalam beberapa hari mendatang, bunyi pernyataan itu.

Delegasi Rusia tiba hari Jumat (13/11) di ibu kota Turki, Ankara. Pembicaraan telah dimulai hari tersebut dengan topik utama rencana untuk Nagorno-Karabakh setelah kesepakatan damai dan situasi di Idlib Suriah. Fokus utama pembicaraan pada hari Sabtu (14/11) adalah tanah yang sebelumnya diduduki Armenia di Nagorno-Karabakh.

Hubungan antara Armenia dan Azerbaijan tegang sejak 1991, tetapi bentrokan baru meletus pada 27 September.

Pada 10 November, kedua negara menandatangani kesepakatan untuk solusi jangka panjang dan komprehensif untuk konflik selama tiga dekade.

Kesepakatan itu mendeklarasikan gencatan senjata lengkap dan mengakhiri pertempuran selama lebih dari enam minggu. Baku membebaskan hampir 300 permukimannya, termasuk kota strategis Shusha, selama periode ini. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya