Soal Vaksin Sinovac Untuk Anak, Ini Kata IDAI

0 156

JAKARTA (Arrahmah.com) – Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Aman Bhakti Pulungan mengatakan hingga kini pihaknya belum mengeluarkan rekomendasi apapun terkait vaksin untuk anak.

Pernyataan Aman itu menanggapi klaim perusahaan Sinovac bahwa vaksin mereka aman untuk anak usia dibawah 3 sampai 17 tahun.

“Sampai saat ini belum ada data update untuk vaksin anak, sehingga IDAI belum keluarkan rekomendasi apapun untuk imunisasi anak,” kata Aman di Jakarta, Kamis (25/3/2021).

Aman mengungkakan, vaksin sinovac saat ini hanya baru direkomendasikan pada peserta dengan rentang usia 15 hingga 59 tahun.

Bahkan, lanjut Aman, IDAI hingga kini masih berharap adanya sejumlah penelitian terkait keamanan vaksin untuk anak segera terwujud.

“Kalau wacana tentu kami sangat berharap, tapi apakah akan aman? Kami sangat berharap kemungkinan besarnya aman, tapi kan hingga kini data-datanya belum ada. Kemudian juga dari BPOM belum ada, jadi kalau pun nanti akan ada untuk anak tentu IDAI lah yang pertama mengeluarkan pernyataan dan memberikan rekomendasi,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, perusahaan farmasi asal China, Sinovac telah mengumumkan bahwa vaksin Covid-19 mereka aman dan efektif untuk anak-anak usia 3-17 tahun.

Hal tersebut berdasarkan data awal dari uji klinis yang mereka lakukan baru-baru ini.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya