Erdogan tetiba pecat wakil gubernur bank sentral Turki

0 234

ANKARA (Arrahmah.com) – Presiden Turki Recep TayyipErdogan telah memecat wakil gubernur bank sentral, hanya beberapa hari setelah melakukan hal serupa terhadap gubernurnya dalam keputusan mendadak yang mengguncang pasar global.

Murat Cetinkaya, seorang bankir veteran yang bekerja di bursa saham Istanbul dan bergabung dengan bank sentral pada tahun 2019, dipecat setelah tengah malam pada Selasa (30/3/2021), Financial Times melaporkan, mengutip keputusan presiden yang diterbitkan di lembaran Resmi Negara.

Sebuah laporan Bloomberg mengatakan Mustafa Duman, anggota dewan sebelumnya di Morgan Stanley, dipilih sebagai penggantinya.

Berita tersebut menyusul pemecatan gubernur reformis bank sentral Naci Agbal pada 20 Maret, yang mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh pasar dan memicu kekhawatiran baru bagi jutaan orang Turki yang khawatir tentang tabungan mereka. Agbal dikenal karena penentangannya yang gigih terhadap suku bunga tinggi.

Dia digantikan oleh Sahap Kavcioglu, seorang loyalis pemerintah yang memiliki pandangan ekonomi yang tidak populer seperti Erdogan bahwa suku bunga tinggi mendorong inflasi. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya