Usai Penembakan di Papua, PGRI Minta Jokowi Jamin Keselamatan Guru di Daerah Konflik

0 72

JAKARTA (Arrahmah.com) – Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) meminta pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamin keselamatan para guru yang ditugaskan di daerah konflik.

Pernyataan ini dikeluarkan PGRI pasca-penembakan terhadap dua orang guru di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua oleh Kelompok Kriminal Bersenjata pimpinan Sabinus Waker.

“PGRI meminta negara hadir melalui pemerintah, pemerintah daerah, aparat pertahanan dan keamanan, tokoh masyarakat (adat) untuk dapat memberikan perlindungan terhadap keselamatan para guru yang bertugas di pedalaman yang saat ini tersulut konflik agar mereka mendapatkan jaminan keselamatan diri dan keluarganya,” ujar Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi, Ahad (11/4/2021), lansir Liputan.com.

Unifah juga meminta agar pemerintah mau mendengarkan curahan hati para guru yang ditugaskan mengajar di daerah konflik.

Dia menambahkan, jika para guru tersebut merasa keselamatannya tak terjamin bertugas di sebuah daerah, diharapkan pemerintah bersedia memindahtugaskan seorang guru tersebut.

“Apabila guru tersebut tak merasakan ketidakpastian akan jaminan keselamatan dalam menjalankan tugasnya, maka mohon bantuan pemerintah, pemerintah daerah dapat memfasilitasi mereka agar mendapat tempat tugas yang aman dan terlindungi,” kata Unifah.

Unifah mengatakan, PGRI mengutuk keras atas kejadian penembakan terhadap dua guru di Puncak, Papua secara berturut-turut.

Penembakan terhadap Oktavianus Rayo (40) terjadi pada Kamis (8/4) dan Yonatan Renden (28) pada Jumat (9/4).

PGRI juga menyesalkan terjadinya penembakan terhadap 3 gedung sekolah, yakni SD Jambul, SMPN 1, dan SMAN 1 Beoga, dan rumah guru pada Kamis, 8 April 2021.

“Guru adalah penyuluh peradaban bangsa yang mengabdikan diri untuk mencerdaskan generasi bangsa sehingga harus dilindungi dalam menjalankan tugasnya,” pungkasnya.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya