Ramai WNA Asal India Datang ke Indonesia, 12 Positif Covid-19

0 189

JAKARTA (Arrahmah.com) – Sebanyak 117 warga negara asing asal India tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (21/4/2021), dengan menggunakan pesawat charter atau pesawat sewa. Mereka langsung terbang dari India ke Indonesia tanpa transit.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Internasional Soekarno Hatta, Darmawali Handoko membenarkan hal tersebut.

Selain itu, lanjutnya, hari ini semestinynya ada lagi satu pesawat langsung dari India yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta, tapi dibatalkan karena ada satu alasan.

“Iya, kemarin mereka pakai pesawat charter. Harusnya hari ini ada lagi, direct dari India, tapi batal,” ungkap Handoko, Jumat (23/4/2021), lansir Sindonews.

Handoko menjelaskan, bukan berarti penerbangan dari India dihapus. Yang harus diwaspadai adalah penerbangan dari India transit lebih dulu sebelum tiba di Indonesia. Karena itu, KKP Bandara Internasional Soekarno-Hatta memperketat pemeriksaan warga negara India yang datang.

“KKP akan melakukan koordinasi dengan maskapai penerbangan terkait jadwal kedatangan penumpang pesawat, secara langsung maupun transit dari India dalam kurun waktu 14 hari. Semua WNI atau WNA yang datang dari India harus dalam keadaan sehat,” paparnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, dari seratusan warga negara asing (WNA) asal India yang masuk Indonesia, terdapat 12 orang yang positif Covid-19.

Ia mengatakan, pemerintah sudah melakukan whole genome sequencing untuk mengetahui varian virus Covid-19 dari para WNA tersebut. Namun, hasilnya belum diketahui.

(ameera/arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya