Menlu AS kunjungi Ukraina tunjukkan dukungan setelah pergerakan pasukan Rusia

0 121

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akan mengunjungi Ukraina bulan depan untuk menunjukkan dukungan yang “tak tergoyahkan” setelah penambahan pasukan Rusia baru-baru ini di sepanjang perbatasan negara.

Rusia dalam beberapa pekan terakhir telah mengerahkan hingga 100.000 tentara di dekat perbatasan utara dan timur Ukraina dan di Krimea, meningkatkan kekhawatiran akan eskalasi besar-besaran.

Tetapi Jumat lalu, Moskow mengumumkan bahwa mereka telah mulai menarik angkatan bersenjatanya, dengan Kiev dan NATO menyambut pengumuman itu.

Kunjungan Blinken pada 5-6 Mei dimaksudkan “untuk menegaskan kembali dukungan AS yang teguh untuk kedaulatan Ukraina dan integritas teritorial dalam menghadapi agresi Rusia yang sedang berlangsung,” kata sebuah pernyataan dari juru bicara Blinken Ned Price, Jumat (30/4/2021).

Blinken akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky selama persinggahan.

Kiev telah memerangi separatis pro-Rusia di wilayah Donetsk dan Lugansk timur sejak 2014, setelah pencaplokan semenanjung Krimea oleh Moskow.

Gencatan senjata yang berlangsung Juli lalu telah dicabik-cabik tahun ini, dengan bentrokan meningkat tajam antara pasukan Ukraina dan separatis sejak Januari.

Para separatis secara luas dipandang memiliki dukungan politik dan militer Rusia – yang dibantah Moskow – dalam konflik yang telah merenggut lebih dari 13.000 nyawa itu. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya