Facebook tangguhkan akun Donald Trump hingga 2023

0 76

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Mantan Presiden AS Donald Trump diskors dari Facebook selama dua tahun, perusahaan media sosial mengumumkan pada Jumat (4/6/2021), menambahkan bahwa mereka tidak akan lagi mengecualikan tokoh masyarakat dari beberapa protokolnya.

“Mengingat beratnya keadaan yang menyebabkan penangguhan Mr. Trump, kami yakin tindakannya merupakan pelanggaran berat terhadap aturan kami yang pantas mendapatkan hukuman tertinggi yang tersedia di bawah protokol penegakan baru,” kata Wakil Presiden Urusan Global Facebook Nick Clegg dalam sebuah pernyataan, lansir Al Jazeera.

“Kami menangguhkan akunnya selama dua tahun, efektif sejak tanggal penangguhan awal pada 7 Januari tahun ini.”

Pengumuman perusahaan muncul setelah dewan pengawas yang dibentuk oleh Facebook mengkritik penangguhan awal Trump yang tidak terbatas setelah mantan presiden memuji perusuh Capitol AS pada 6 Januari.

Bulan lalu, dewan pengawas mendukung penangguhan tersebut, tetapi mengatakan “tidak pantas bagi Facebook untuk menjatuhkan hukuman tanpa batas dan tanpa standar dari penangguhan tidak terbatas”, dengan Michael McConnell, ketua bersama panel, mengatakan kepada wartawan “hukuman tidak terbatas semacam ini, jangan diloloskan dari penciuman internasional atau Amerika untuk kejelasan, konsistensi, dan transparansi”.

Dewan meminta Facebook untuk “meninjau masalah ini untuk menentukan dan membenarkan tanggapan proporsional yang konsisten dengan aturan yang diterapkan pada pengguna lain dari platformnya” dalam waktu enam bulan.

Ketika penangguhan Trump akhirnya dicabut, Clegg menambahkan, “akan ada serangkaian sanksi ketat yang meningkat dengan cepat yang akan dipicu jika Trump melakukan pelanggaran lebih lanjut di masa depan, hingga dan termasuk penghapusan permanen halaman dan akunnya”. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya